PENERAPAN SIKAP KEMANDIRIAN PADA SISWA KELAS II SDIT SEGAR AMANAH DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif)

DEFI NURAFNITASARI, . (2016) PENERAPAN SIKAP KEMANDIRIAN PADA SISWA KELAS II SDIT SEGAR AMANAH DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (78kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (681kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (673kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami penerapan sikap mandiri pada siswa kelas II di SDIT Segar Amanah Duren Sawit Jakarta Timur, serta upaya-upaya mencapai keberhasilan dan hambatan, serta ragam sikap mandiri yang terlihat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengacu pada naturalistic paradigm yaitu paradigma alamiah yang bersumber pada pandangan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan pengamatan, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan: reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kegiatan pembelajaran sikap mandiri di SDIT Segar Amanah ternyata dibagi menjadi pembelajaran di dalam kelas dan program eventual tahunan. Upaya guru dalam menanamkan sikap mandiri: (1) Didasarkan dari prinsip sekolah, landasan pengajaran yang jelas, dan harapan orang tua siswa; (2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran simple dan tak monoton; (3) Guru sigap menanggapi keadaan di kelas; (4) penerapan rules dan sistem reward and punishment di dalam kelas kepada siswa; (5) Guru merespon siswa bila siswa melakukan kesalahan; (6) Guru menjalin kerja sama dengan orang tua siswa dengan baik. Faktor pendorong keberhasilan yaitu ada pada pihak guru, sekolah, dan orang tua murid. Ragam sikap mandiri yang terlihat pada siswa yaitu: (1) Kemandirian dalam mengurus diri sendiri; (2) Kemandirian dalam belajar; (3) Kemandirian dalam interaksi sosial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Edwita, M.Pd ; 2). Dr. Yurniwati,M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2019 11:35
Last Modified: 01 Nov 2019 11:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item