PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN DUREN JAYA 04 BEKASI TIMUR

DINI SUKMAYANTI, . (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN DUREN JAYA 04 BEKASI TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (96kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (470kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
4. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (133kB)
[img] Text
5. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (103kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis laporan melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SDN Duren Jaya 04 Bekasi Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Duren Jaya 04 yang berjumlah 30 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikemukakan oleh Kemmis & McTaggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus melalui tahap perencanaan, tindakan atau pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, tes, membuat catatan lapangan, dan dokumentasi melalui foto. Teknik pengumpulan data tersebut digunakan pada setiap siklusnya guna mengetahui peningkatan kemampuan menulis laporan pengamatan siswa serta keefektifan pembelajaran melalui pendekatan kontekstual. Pada siklus I, siswa yang mendapat nilai ≥ 70 mencapai 56,67%, sedangkan pada siklus II mencapai 83,33%. Berdasarkan hasil tersebut terdapat perbedaan hasil yang dicapai di siklus pertama dan kedua. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa meningkat sebesar 26, 67%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan implikasi hasil penelitian bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan siswa kelas V SDN Duren Jaya 04 Bekasi Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Gusti Yarmi, M. Pd., ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M. Pd.,
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2019 11:46
Last Modified: 01 Nov 2019 11:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item