Astri Widyani, . (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU “UNO” DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover Skripsi (Bahasa Indonesia dan Arab).pdf Download (303kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (341kB) |
||
|
Image
Untitled-2.jpg Download (1MB) | Preview |
|
|
Image
Untitled-6.jpg Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB 1-5 & Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
||
Text
RPP Kartu UNO.pdf Download (1MB) |
||
Text
Analisis Siswa.pdf Download (7kB) |
||
Text
Angket Ahli Materi.pdf Download (455kB) |
||
Text
Angket Ahli Media.pdf Download (378kB) |
||
Text
Angket Validasi Siswa Uji Coba.pdf Download (324kB) |
||
Text
Ahli Materi.pdf Download (98kB) |
||
Text
Ahli Media.pdf Download (106kB) |
||
Text
Siswa Uji Coba Lapangan.pdf Download (138kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Kartu UNO kosakata sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan penguasaan kosakata pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta; mengetahui kelayakan media pembelajaran Kartu UNO kosakata berdasarkan penelitian dari ahli materi dan ahli media; dan mengetahui penilaian siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta terhadap media pembelajaran kartu UNO kosakata. Hasil penelitian menunjukkan empat tahap dalam pembuatan Kartu UNO Kosakata : 1) Analisis (Analysis), Analisis kebutuhan terhadap siswa dalam belajar. Jadi analisis ini sangat penting terhadap produk yang akan dikembangkan, 2) Desain (Design), membuat desain dari produk yang akan dikembangkan. Desain Kartu UNO memuat gambar dan kosakata bahasa Arab, 3) Pengembangan (Development), Proses penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi (Ustadz Achmad Rawi, S.Pd) dan ahli media (Ustadz Drs. Chakam Failasuf, M.Pd), 4) Implementasi (Implementation), Pengujian kelayakan mediapembelajaran Kartu UNO di MAN 3 Jakarta dengan 13 siswa uji coba lapangan. Uji coba dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari produk yang dikembangkan. Tingkat kelayakan kartu UNO Kosakata sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rerata presentase skor95% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rerata presentase skor 93% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Penilaian kelayakan media oleh siswa uji coba lapangan diperoleh rerata presentase skor 87% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka Kartu UNO Kosakata ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 04 Nov 2019 14:42 |
Last Modified: | 04 Nov 2019 14:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1083 |
Actions (login required)
View Item |