CITRA NUR SYIFA, . (2020) PELAFALAN SISWA TUNARUNGU MELALUI METODE KOMUNIKASI TOTAL DI SDLB B SANTI RAMA JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV citra.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (594kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara objektif mengenai pelafalan pada siswa tunarungu yang menggunakan komunikasi total dari ujaran yang dihasilkan oleh siswa tunarungu berupa bunyi vokal, bunyi diftong, bunyi konsonan, dan bunyi kluster di SDLB-B Santi Rama Jakarta Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Pengambilan data menggunakan obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 4 siswa kelas 3 SDLB-B Santi Rama yang berkomunikasi menggunakan komunikasi total di Santi Rama sebagai objek penelitian. Fokus penelitian ini terletak pada pelafalan, dengan sub fokus yakni bunyi vokal, bunyi konsonan, bunyi kluster, bunyi diftong, dan silabel yang dihasilkan siswa tunarungu yang menggunakan komunikasi total. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 88 data bunyi vokal dengan pelafalan yang tepat dan 3 data bunyi vokal dengan pelafalan salah. Selain bunyi vokal, 69 bunyi konsonan yang dilafalkan secara tepat dan 48 data bunyi konsonan yang diujarkan salah oleh siswa tunarungu bunyi. Sementara itu bunyi kluster dan bunyi diftong tidak ditemukan dalam data. Silabel yang ditemukan dalam penelitian ini yakni silabel terbuka dengan jumlah 92 data. Dari keseluruhan data pelafalan, pada bunyi konsonan [d], [h], [k], [l], [r], dan [s] sering kali terjadi pengurangan bunyi konsonan tersebut dan ditemukan pada posisi tengah. Selain itu, hasil dari data penggunaan komunikasi total ditemukan bahwa siswa tunarungu lebih sering menggunakan oral dan isyarat. Ditemukan dari 44 data yang menggunakan oral, 28 data dibantu dengan penggunaan isyarat. Dengan demikian, dapat disimpulkan metode komunikasi total sangat membantu siswa dalam melafalkan bunyi-bunyi yang akan digunakan untuk berkomunikasi. Pengurangan bunyi yang ditemukan di setiap ujaran dibantu dengan isyarat tangan yang mempermudah siswa tunarungu dalam berkomunikasi. ******************** This study aims to describe objectively the pronunciation of deaf students who use total communication from the speech produced by deaf students in the form of vowels, diphthong sounds, consonant sounds, and cluster sounds in SDLB-B Santi Rama South Jakarta. This research is a descriptive qualitative research with content analysis techniques. Retrieval of data using observations, interviews, and documentation. The subjects of this study were 4 grade 3 students of SDLB-B Santi Rama who communicated using total communication at Santi Rama as the object of research. The focus of this research lies on pronunciation, with sub focus namely vowels, consonant sounds, cluster sounds, diphthong sounds, and syllables produced by deaf students who use total communication. The results showed that 88 data of vowel sounds were pronounced correctly and 3 data were vowels with incorrect pronunciation. In addition to vowels, 69 consonant sounds were pronounced correctly and 48 consonant sound data were pronounced incorrectly by deaf students. Meanwhile, cluster sounds and diphthong sounds were not found in the data. The syllable found in this study, namely open syllables with a total of 92 data. From the overall pronunciation data, the consonant sounds [d], [h], [k], [l], [r], and [s] often decrease the consonant sound and are found in the middle position. In addition, the results of the total communication usage data found that deaf students used oral and gestures more often. Found from 44 data who used orally, 28 data were assisted by the use of signs. Thus, it can be concluded that the total communication method is very helpful for students in pronouncing the sounds that will be used to communicate. The reduction in sound found in each utterance is assisted by hand signals that make it easier for deaf students to communicate.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. ; 2). Reni Nur Eriyani, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik Bahasa dan Kesusastraan > Fonologi, Fonetik Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 5230 not found. |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 11:05 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 11:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/10945 |
Actions (login required)
View Item |