PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN PASAR MANGGIS 02 PETANG SETIABUDI JAKARTA SELATAN

FERDINANDA BUSIRA, . (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN PASAR MANGGIS 02 PETANG SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
02. ABSTRAK..pdf

Download (8kB)
[img] Text
03. kata pengatar.pdf

Download (70kB)
[img] Text
04. datar isi.pdf

Download (57kB)
[img] Text
05. BAB 1.pdf

Download (150kB)
[img] Text
06. BAB ll.pdf

Download (145kB)
[img] Text
07. BAB lll..pdf

Download (930kB)
[img] Text
08. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
11. Lampiran RPP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang kemampuan menulis cerita melalui pendekatan quantum learning. Siswa kelas V SDN Pasar Manggis 02 Petang Setiabudi Jakarta Selatan. Peneliti dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kemampuan menulis cerita melalui pendekatan quantum learning diadakan ditiap akhir siklus dan hasilnya dilihat dari isi/gagasan, organisasi, tata bahasa, dan EYD. Dengan demikian terhadap dua data tes kemampuan menulis cerita. Hasil penelitian tindakan kelas ditemukan beberapa informasi sebagai berikut pada 69.20% dengan tingkat keberhasilan sebesar 70%. Ini menunjukan bahwa KKM yang diharapkan yaitu 70. Oleh karena itu peneliti melakukan perbaikan pada siklus ll. Pada siklus ll mengalami peningkatan yang sangat baik sehingga diperoleh nilai rata-rata sebesar 73.53. Sedangkan ketuntasan belajar pada siikklus ll menjadi 73.53%. adapun aspek proses pada siklus l sebesar 75% dan siklus ll meningkat 87.5%. Dengan menggunakan pendekatan quantum learning siswa menjadi lebih termotivasi, aktif, berani, dan lentur dalam menulis cerita. Bersadarkan kedua temuan tersebut disimpulkan kemampuan menulis cerita melalui pendekatan quantum learning siswa kelas V SDN Pasar Manggis 02 Petang Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Fahrurrozi, M.Pd. ; Dra. Sehati Kaban, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2019 14:49
Last Modified: 05 Nov 2019 14:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item