UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN PASAR MANGGIS 02 PETANG SETIABUDI JAKARTA SELATAN

Fransiskus Fautngi, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN PASAR MANGGIS 02 PETANG SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstract.....pdf

Download (85kB)
[img] Text
abstrak engky.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (99kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN SEMINAR PROPOSAL PENELITIAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (86kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada siswa kelas IV tentang Perkembangan Teknologi Transportasi. Subje penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pasar Manggis 02 Petang Setiabudi Jakarta Selatan yang berjumlah 19 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model kemmis dan MC. Taggart. Adapun prosudur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan metode proses siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari dua pertemuan pembelajaran. Dengan demikian selama penelitian telah dilaksanakan empat kali pertemuan pembelajaran. Hasil penelitian menujukkan bahwa diperoleh data yaitu pada hasil pembelajaran siklus I dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 21,05% (4 siswa) mendapat nilai di atas KKM, sedangkan pada hasil pembelajaran siklus II dengan rata-rata nilai sebesar 78,95% (15 siswa) mendapat nilai di atas KKM. Dengan demikian, pelaksanaan metode kooperatif tipe make a match pada pembelajaran IPS tentang perkembangan teknologi transportasi pada siswa kelas IV SDN Pasar Manggis 02 Petang Setiabudi Jakarta Selatan telah menujukkan hasil belajar yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase nilai hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yang semakin meningkat. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa metode kooperatif tipe make a match dapat dijadikan salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Pasar Manggis 02 Petang Setiabudi Jakarta selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Arita Marini, M. Pd., ; 2). Yustia Suntari, S.Pd. M. Pd.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 05 Nov 2019 15:33
Last Modified: 05 Nov 2019 15:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1178

Actions (login required)

View Item View Item