PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN RUBRIK PADA AUTHENTIC ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK PGRI 20 JAKARTA

ALFAN FUADI, . (2019) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN RUBRIK PADA AUTHENTIC ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK PGRI 20 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img]
Preview
Image
2. LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (295kB) | Preview
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
Image
3. LEMBAR PERNYATAAN.jpg

Download (365kB) | Preview
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (81kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian memiliki tujuan: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik melakaksanakan authentic assessment dengan disertai rubrik dan tidak disertai rubrik, (2) Mengetahui interaksi antara disiplin belajar dan authentic assessment terhadap hasil belajar mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik, (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik siswa yang mempunyai disiplin belajar tinggi antara yang melaksanakan authentic assessment dengan disertai rubrik dan tidak disertai rubrik, (4) Mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik siswa yang mempunyai disiplin rendah tinggi antara yang melaksanakan authentic assessment dengan disertai rubrik dan tidak disertai rubrik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK PGRI 20 Jakarta yang berjumlah sebanyak 39 siswa. Sampel ditentukan secara acak dengan teknik stratify random sampling alokasi sama. Kelas dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 18 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) dua jalur, yang dilanjutkan uji rentang Tukey pada taraf α= 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik antara siswa yang melaksanakan authentic assessment disertai dengan rubrik dan tidak disertai rubrik dilihat dari Fh = 12,11> Ftabel = 4,12. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara disiplin belajar dan authentic assessment terhadap hasil belajar mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik dilihat dari Fh = 8,41> Ftabel = 4,12. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik siswa yang mempunyai disiplin belajar tinggi antara yang diberi authentic assessment disertai rubrik dengan yang melaksanakan authentic assessment dilihat dari uji Tukey dengan Qh = 8,37>Qt= 4,41. (4) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik siswa yang mempunyai disiplin belajar tinggi antara yang diberi authentic assessment disertai rubrik dengan yang melaksanakan authentic assessment dilihat dari uji Tukey dengan Qh = 1,27<Qt= 4,41.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Soeprijanto, M.Pd ; 2). Irzan Zakir, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2021 11:43
Last Modified: 14 Jan 2021 11:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12350

Actions (login required)

View Item View Item