PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS UNTUK PESERTA DIDIK DI SMK PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA

GAMIZAR NAUFAL RAFIF, . (2019) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MOTION GRAPHIC PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS UNTUK PESERTA DIDIK DI SMK PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. Cover Halaman Depan.pdf

Download (68kB)
[img] Text
02. Abstrak & Abstract.pdf

Download (31kB)
[img] Text
03. Lembar Pengesahan.pdf

Download (227kB)
[img] Text
04. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (255kB)
[img] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (64kB)
[img] Text
07. Daftar Isi.pdf

Download (104kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (71kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (29kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi dapat menunjang pengembangan media dalam proses belajar dan mengajar.Tetapi berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMK Negeri 2 Jakarta, dan SMK Negeri 51 Jakarta, pembelajaran Dasar Desain Grafis masih kurang baik, karena kurangnya tepat dan kreativitasnyapada media belajar yang disediakan pendidik. Media biasa yang digunakan adalah presentasi dari powerpoint atau modul, media tersebut terlalu banyak tulisan tanpa disandingkan gambar atau animasi pendukung. Sehingga pada waktu pendidik menjelaskan materi, banyak peserta didik tidak memperhatikan dan hal tersebut yang memungkinkan peserta didik tidak bisa mengingat materi untuk waktu jangka panjang.Membuat media video pembelajaran berbasis motion graphic dapat digunakan untuk proses kegiatan pembelajaran kepada peserta didik tentang keterampilan atau kompetensi yang bersifat spesifik. Animasi dan ilustrasi unik dapat menarik perhatian peserta didik dan dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep pelajaran yang ada pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis. Media ini dapat ditampilkan di ruang kelas menggunakan proyektor atau pun dengan layar komputer di labotarium sekolah. Media video pembelajaran berbasis motion graphic ini akan dikembangkan dengan menerapkan prinsip-prinsip multimedia pembelajaran yaitu prinsip modulitas dan prinsip redudansi. Pada pengembangan video pembelajaran ini, peneliti akan membuat viedo pembelajaran berbasis motion graphic dengan animasi dan narasi yang akan menjelaskan materi terkait dan peneliti juga tidak akan menggunakan gambar, grafik, atau animasi yang tidak berkaitan terhadap materi pembelajaran yang sedang dibahas. Metode pengembangan produk ini menggunakan Multimedia Development Live Cycle (MDLC) karenapada metode ini terdapat tahap pengkonsepan, perancangan, pengumpulan data, produksi, evaluasi dan pendistribusian sehinggamampu mengatasi kebutuhan nyata melalui pengembangan solusi pada suatu masalah dan dapat menghasilkan produk yang memiliki validitas tinggi karena sudah melalui proses uji validitas oleh tim ahli danuji coba lapangan.Prodok yang dihasilkan berupa video pembelajaran berbasis motion graphic yang memiliki tingkat kelayakan 94,67% yang masuk kedalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S. Si, M.T ; 2). Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2021 16:03
Last Modified: 25 Jan 2021 16:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12523

Actions (login required)

View Item View Item