MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN GUNTUR 09 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

Ista Annisa, . (2016) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN GUNTUR 09 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (564kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI (1).pdf

Download (491kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (224kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA melalui model pembelajaran Quantum Learning pada siswa kelas V SD. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan sebanyak 36 siswa. Model yang digunakan adalahmetode penelitian tindakan kelas, dengan desain tindakan yang dipakai menurut Kemmis dan MC Taggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen non tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V SD. Berdasarkan data minat belajar pada siklus I, siswa yang masuk kategori minat sangat tinggi sebesar 75%. Persentase ini meningkat pada siklus II, yaitu menjadi 86%. Berdasarkan data pemantau tindakan guru dengan model pembelajaran Quantum Learning pada siklus I persentase sebesar 86% dan pada siklus II melebihi target yang ingin dicapai yaitu 100%. Data pemantau tindakan siswa dengan model pembelajaran Quantum Learning pada siklus I pertemuan II persentase sebesar 80% dan pada siklus II pertemuan II melebihi target yang ingin dicapai yaitu 93%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran melalui model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa IPA siswa kelas V SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si., ; 2). Drs. Satrio, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2019 16:31
Last Modified: 07 Nov 2019 16:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1279

Actions (login required)

View Item View Item