RAJA LATUCONSINA, . (2021) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAAHAD TAHFIDZ ARABIH ALGONTORY (STUDI ETNOGRAFI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (336kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (321kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Raja Bunga Sam Aji Putra Latuconsina, Pembelajaran Bahasa Arab di Maahad Tahfiz Arabic Algontory (Studi Etnografi). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Juli 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Maahad Tahfiz Arabic Al-gontory yang beralamat di Lot 3938, Jalan Rizab Masjid, Kampung Bukit Hijau, 458000 Jeram, Selangor, Malaysia.Tanggal penelitian dimulai dari Maret hingga Juli 2020 dan penelitian daring/online berlanjut hingga Januari tahun akademik 2021. Ma’had Tahfiz Arabic Algontory adalah Pondok Tahfiz berbeda dari yang lain. Dengan menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran semua subjek diniyah. Selain itu, pesereta didik dan guru juga diwajibkan menggunakan Bahasa Arab sepenuhnya. Selain itu, penekanan pembelajaran Bahasa Arab bukan hanya membantu hafidz dalam menghafal Al-Quran tetapi penerapan penggunaan bahasa arab akan banyak juga membantu pemahaman kitab, hadist dan memastikan para peserta didik dapat menulis dengan baik juga. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode gramatikal terjemah, metode langsung, metode membaca, metode audio lingual. Media pembelajaran yang digunakan berupa media visual seperti papan tulis, buku paket. Sedangkan evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan para pengajar Ma’had Tahfiz Arabic Algontory berbentuk latihan lisan dan latihan tertulis. Deskripsi pembelajaran bahasa Arab yang dihasilkan melalui pengamatan kegiatan belajar peserta di dalam kelas terdiri dari kegiata awal (pembukaan), kegiatan inti, dan penutup. Setiap pembelajaran setiap materi yang diajarkan berdurasi selama 2 jam, dan jadwal pembelajaran dimulai di hari senin sampai hari Jum’at sedangkan untuk waktu libur yaitu pada hari Sabtu dan Minggu. Hasil pembelajaran peserta sesuai dengan hasil wawancara guru, bahwa rata-rata hasil nilai belajar yang didapatkan peserta mencapai standar nilai kelulusan yang ada dan terdapat peningkatan kemampuan bahasa Arab dari peserta didik. Dan menurut hasil wawancara peserta didik, mengatakan merasa puas dengan mengikuti program belajar yang ada di Maahad Tahfiz Arabic Algontory di Slangor Malaysia karena mereka belajar dengan para ahli bahasa arab yang memudahkan mereka juga dalam memahami isi kandungan Al-Quran, selain itu mereka diajarkan dengan metode yang menarik dan beragam untuk membantu Peserta untuk mencapai tujuan dalam mempelajari bahasa Arab. ABSTRACT Raja Bunga Sam Aji Putra Latuconsina, Learning Arabic in Tahfidz Arabic Al-Gontory Boarding School (Ethnographic Studies) . Essay. Jakarta: Arabic Language Education Program Faculty of Languages and Arts State University of Jakarta, July 2020. This study uses descriptive qualitative research method with data collection techniques through field observations, interviews, and documentations. This research was conducted at Maahad Tahfiz Arabic Al-gontory which is located at Lot 3938, Jalan Rizab Masjid, Kampung Bukit Hijau, 458000 Jeram, Selangor, Malaysia. The research start from March to July 2020, and online monitoring continue until January for the 2021 academic year. Mahad Tahfiz Arabic Algontory is a different Tahfiz from the others. We use Arabic as the medium of instruction in learning all diniyah subjects. In addition, students and teachers are required using Arabic thoroughly. Moreover, the emphasis on learning Arabic is not only helping hafidz in memorizing Al-Qur'an but the practicing Arabic will also greatly help understanding books, hadiths and we try to make sure students have good writing skill as well. The methods used in learning are grammar translation method, direct method, reading method, audio lingual method. Learning media used in the form of visual media such as blackboards, textbooks. The teachers of Ma'had Tahfizh Arabic Al-gontory implementing oral exercises and written exercises as the evaluation of Arabic learning. Description of Arabic learning that is produced through observing students' learning activities in the class consisted of initial activities (opening), core activities, and closing. Each lesson and each material taught is 2 hours long, and the learning schedule starts on Monday until Friday, while Saturday and Sunday are holidays. The learning outcomes of the participants according to teachers interview showing that the average learning outcomes obtained by the participants reach the graduation value standards that exist and there is an increase in Arabic language skills of students. And according to the results of participant interviews, said they were satisfied by participating in the learning program at Maahad Tahfiz Arabic Algontory in Slangor Malaysia because they studied with Arabic linguists who made it easier for them to understand the contents of Al-Qur'an, besides they were taught by interesting and diverse methods to help participants achieve goals in learning Arabic.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Ahmad Murodi, M.A. 2. Ahmad Marzuq, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 8918 not found. |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 14:51 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 14:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12958 |
Actions (login required)
View Item |