PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN ILMUPENGETAHUANALAM (MIPA) DAN ILMU-ILMU SOSIAL (IIS) (Studi Kualitatif di SMA Negeri 16 Jakarta)

STEFANUS RADITYA PANGGABEAN, . (2021) PENGUATAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN ILMUPENGETAHUANALAM (MIPA) DAN ILMU-ILMU SOSIAL (IIS) (Studi Kualitatif di SMA Negeri 16 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana penguatan Pancasila yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 16 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) SMA Negeri 16 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai Pancasila terjadi pada mata pelajaran MIPA dan IIS. Penguatan ini dilakukan oleh guru mata pelajaran selama proses pembelajaran berlangsung dengan model pembelajaran tidak langsung (indirect teaching). Cara yang dipakai guru dalam penguatan nilai-nilai Pancasila adalah mengaitkan materi pelajaran dengan nilai-nilai Pancasila, memberi cerita sebagai selingan dalam proses pembelajaran yang memiliki kandungan nilai Pancasila yang bisa ditiru oleh siswa dan memberi teladan kepada siswa dengan mencontohkan langsung nilai-nilai Pancasila yang sudah diajarkan dalam proses pembelajaran. *********** This research was conducted to see how the strengthening of Pancasila values carried out by mathematics and science studies and social studies teachers during the learning process took place. This research was conducted at SMA Negeri 16 Jakarta. The method used in this research is analytical descriptive study. Data collection techniques used in this study were field observations, interviews and documentation studies. Interviews were conducted with science and social studies teachers at SMA Negeri 16 Jakarta. The results showed that the strengthening of Pancasila values occurred in the subjects of Natural Sciences and Social Sciences. This reinforcement is carried out by the subject teacher during the learning process takes place with an indirect teaching model. The method used by teachers in strengthening Pancasila values is to link subject matter with Pancasila values, to give stories as a distraction in the learning process that contains Pancasila values that can be emulated by students and set an example to students by exemplifying Pancasila values directly already taught in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuyus Kardiman, M.Pd. ; 2). Moh. Maiwan, M.Si, Ph.D.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 9093 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:22
Last Modified: 25 Feb 2021 09:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13248

Actions (login required)

View Item View Item