Hubungan Antara Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Surat Menyurat Indonesia di SMK Pelita Tiga Jakarta

RIENDHA MEILUNA, . (2013) Hubungan Antara Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Surat Menyurat Indonesia di SMK Pelita Tiga Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar pada siswa SMK Pelita Tiga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Pelita Tiga 450 siswa, dan Populasi terjangkau dari penelitian ini siswa kelas X Jurusan Admistrasi Perkantoran yang berjumlah 61 siswa dengan taraf kesalahan 5% sehingga sampel untuk penelitian diambil sebanyak 51 orang dengan menggunakan teknik acak proporsional (proporsional random sampling). Untuk menjaring data kedua variabel penelitian, instrumen yang digunakan untuk variabel X (Penggunaan Media Pembelajaran) dan Variabel Y (Motivasi Belajar) adalah data primer berbentuk kuosioner. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas konstruk (Construct Validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen X (Penggunaan Media Pembelajaran) sebesar 0,818 dan hasil reliabilitas instrumen Y (Motivasi Belajar) sebesar 0,867. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 32,34+ 1,319X. Hasil uji normalitas liliefors menghasilkan Lhitung = 0,082 sedangkan Ltabel untuk n = 51 pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,124 Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung = 40,65 > Ftabel = 4,03 yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 0,69 < Ftabel = 1,96 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi product momen menghasilkan rxy = 0,673 Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung = 6,38 > ttabel = 1,67. Hasil penelitian tersebut menyipulkan bahwa terdapat hubungan positif antara penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar. Dengan uji determinasi atau penentu diperoleh hasil 45,34% variabel motivasi belajar (Y) ditentukan oleh penggunaan media pembelajaran (X).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Drs. Henry Eryanto, MM 2.) Roni Faslah S.Pd., MM
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 11 Nov 2019 10:16
Last Modified: 11 Nov 2019 10:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item View Item