STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PEMBELAJARAN IPS ANAK USIA SEKOLAH DASAR

UMROATUL AZIZAH, . (2021) STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PEMBELAJARAN IPS ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (384kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (843kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (827kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang menganalisis dan mengkaji hasil dari berbagai jenis penelitian sebelumnya yang memiliki tema yang relevan. Jenis penelitian yang dianalisis dan dikaji dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian studi literatur ini menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dan kajian tentang model cooperative script dalam meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran IPS anak usia sekolah dasar. Berdasarkan hasil dari penelitian studi literatur ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative script dapat meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran ips anak usia sekolah dasar. Berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari berbagai macam hasil uji coba penggunaan model cooperative script modifikasi yang dilakukan di tingkat sekolah dasar, SMP dan SMK melalui berbagai jenis penelitian, baik penelitian kuantitatif, PTK maupun R&D. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative script bagi siswa sekolah dasar yang mempunyai karakteristik suka bermain sangat tepat untuk meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran ips anak usia sekolah dasar.yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena dengan model ini siswa diajak untuk berkelompok dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan dapat berperilaku sesuai dengan nilai dan norma saat berkelompok. Siswa dapat aktif secara baik dalam kelompok, menyumbangkan banyak informasi untuk mengembangkan potensi dalam kelas dengan percaya diri sehingga tujuan pembelajaran tercapai. This research is a literature study that analyzes and examines the results of various types of previous research that have relevant themes. The types of research analyzed and studied in this research are quantitative research, classroom action research (CAR) and research and development (R&D). The data collection technique in this literature study uses the documentation method. This study aims to describe the results of the analysis and study of the cooperative script model in improving social skills in ips learning for elementary school aged children. Based on the results of this literature study research, it can be concluded that the use of the cooperative script model can improve social skills in learning ips for elementary school aged children. Affects student learning outcomes. This is evidenced from the various results of trials using the modified cooperative script model carried out at the elementary, junior high and vocational school levels through various types of research, both quantitative research, PTK and R&D. This shows that the use of the cooperative script model for elementary school students who have playful characteristics is very appropriate to improve social skills in learning ips for elementary school age children. Which ultimately affects student learning outcomes because with this model students are invited to group and be able to adapt. with the environment and can behave in accordance with the values and norms when in groups. Students can be active well in groups, contribute a lot of information to develop potential in the classroom with confidence so that learning objectives are achieved.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Asep Supena, M.Psi ; 2). Dr.phil. Zarina Akbar, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 9672 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 07:10
Last Modified: 04 Mar 2021 07:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14141

Actions (login required)

View Item View Item