NIKKEN DIAHNING ANJARMURTI, . (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN BINGO KARTU KATA (BIKAKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan permainan bingo yaitu permainan Bingo Kartu Kata (BIKAKA) dengan tujuan menjadikan permainan ini sebagai alat permainan edukatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang merupakan akronim dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate. Melalui prosedur pengembangan yang telah dilakukan, penelitian ini telah menghasilkan sebuah produk permainan Bingo Kartu Kata (BIKAKA) untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. Produk permainan BIKAKA telah di uji coba dengan melibatkan Expert Review yang terdiri dari ahli materi dan ahli media, dan Small Group (Kelompok kecil) yang terdiri dari 4 anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, permainan BIKAKA menghasilkan nilai akhir sebesar 3,5, hasil penilaian dari ahli media menghasilkan nilai akhir sebesar 3.0, dan hasil penilaian Small Group (Kelompok kecil) pada uji coba pertama menghasilkan nilai akhir sebesar 75% sedangkan uji coba ke dua menghasilkan nilai akhir sebesar 95%. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba dengan Small Group (Kelompok Kecil), maka dapat disimpulkan bahwa permainan Bingo Kartu Kata (BIKAKA) layak dan sangat sesuai untuk digunakan sebagai alat permainan edukatif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. This research aims to produce a development product for bingo games, namely the Bingo Card Words Game (BIKAKA) with the purpose to make this game as an educational game tool that can be used to improve reading skills of 5 to 6 years old children. The model used in this study is ADDIE development model, which is an acronym for Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate. Through the development procedures that have been done, this research has produced a Bingo Word Card Game (BIKAKA) to improve the reading skills of 5 to 6 years old children. BIKAKA game has been tested by involving Expert Reviews consisting of material experts and media experts, and a Small Group consisting of 4 children age 5 to 6 years old. Based on the result of the assessment of the material expert, the BIKAKA game yields a final score of 3,5, the result of the assessment from the media expert yields a final score of 3,0, and the result of the assessment of the Small Group in the first trial yields a final score is 75% while the second trial yields a final score is 95%. Based on the results of assessments by material experts, media experts, and trials with the Small Group, it can be concluded that the Bingo Word Card Game (BIKAKA) is feasible and very suitable to be used as an educational game tool to improve reading skills of 5 to 6 years old children.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hapidin, M.Pd ; 2). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 9914 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 09:43 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 09:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14488 |
Actions (login required)
View Item |