KEMAMPUAN GURU DALAM LITERASI SEJARAH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA LABSCHOOL JAKARTA DAN SMA NEGERI 30 JAKARTA

AYUNINGTIAS RAHMAN, . (2021) KEMAMPUAN GURU DALAM LITERASI SEJARAH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA LABSCHOOL JAKARTA DAN SMA NEGERI 30 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru terkait dengan dimensi pengetahuan dan pemahaman konseptual dalam literasi sejarah pada pembelajaran sejarah di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis permasalahan menggunakan studi kasus tipe analisis kasus tunggal terjalin yang dilaksanakan pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masa pandemi COVID-19 di SMA Labschool Jakarta dan SMA Negeri 30 Jakarta tahun 2020. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara mendalam, observasi, studi dokumen. Analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran sejarah pada masa pembelajaran jarak jauh di SMA Labschool Jakarta dan SMA Negeri 30 Jakarta masih berjalan dengan kondusif, namun kondisi ini juga mempengaruhi interaksi guru dan siswa menjadi lebih terbatas dalam pembelajaran; (2) Guru telah mampu menerapkan literasi sejarah dalam pembelajaran sejarah sesuai dengan konsep literasi sejarah Mapossa dan Wasserman (2009); (3) Kendala yang ditemui guru dalam menerapkan literasi sejarah utamanya pada pemahaman guru secara konseptual mengenai literasi sejarah masih pada tahap pengertian tradisional membaca dan menulis, tingkat literasi siswa yang rendah, serta menjadi semakin kompleks ketika penerapan PJJ, guru mengalami kesulitan untuk menghadirkan inovasi dalam penerapan literasi sejarah. Temuan ini mengarah pada rekomendasi untuk pemerintah dapat memfasilitasi kegiatan dalam peningkatan pemahaman guru mengenai konsep literasi khususnya literasi sejarah dan untuk guru dapat menambah wawasan terkait dengan konsep literasi sejarah dalam pembelajaran sejarah dari berbagai referensi yang relevan agar memperkuat kemampuan pemahaman guru dalam penerapan literasi sejarah serta jika PJJ berlanjut maka guru harus melakukan inovasi dan improvisasi baru dalam pembelajaran sejarah agar tidak menghilangkan esensi makna dan mengurangi kualitas pembelajaran sejarah. The purpose of this study was to determine the teacher's ability related to the dimensions of knowledge and conceptual understanding in historical literacy in high school history learning. This research is qualitative research with problem analysis using a single case analysis type case study which was carried out during the Distance Learning (PJJ) during the COVID-19 pandemic at SMA Labschool Jakarta and SMA Negeri 30 Jakarta in 2020. Data collection was carried out using interviews, observation, document study. Analysis and interpretation of the data show that (1) history learning during the distance learning period at SMA Labschool Jakarta and SMA Negeri 30 Jakarta is still running conducive, but this condition also affects teacher and student interactions to be more limited in learning; (2) The teacher has been able to apply historical literacy in history learning following the historical literacy concept of Mapossa and Wasserman (2009); (3) Obstacles encountered by teachers in applying historical literacy are mainly to teachers' conceptual understanding of historical literacy which is still at the stage of a traditional understanding of reading and writing, low levels of student literacy, and becomes more complex when implementing PJJ, teachers have difficulty bringing innovative applications historical literacy. These findings lead to recommendations for the government to facilitate activities in increasing teachers' understanding of the concept of literacy, especially historical literacy, and for teachers to add insights related to the concept of historical literacy in history learning from various relevant references in order to strengthen the ability of teachers to understand the application of historical literacy and if PJJ continues, the teacher must make new innovations and improvisations in history learning so as not to eliminate the essence of meaning and reduce the quality of history learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Kurniawati, M.Si ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 8861 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2021 08:59
Last Modified: 15 Mar 2021 08:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14809

Actions (login required)

View Item View Item