PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS II MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TENTANG KEGIATAN SEHARI-HARI DI SDN JATINEGARA 06 PAGI JAKARTA TIMUR

RAHMAH, . (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS II MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TENTANG KEGIATAN SEHARI-HARI DI SDN JATINEGARA 06 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (145kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI RAHMAH.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL.pdf

Download (26kB)
[img] Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (138kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (523kB)
[img] Text
LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (463kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas II SDN Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II pada semester I tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui hasil pemantau tindakan, analisis kegiatan pembelajaran, catatan lapangan dan tes evaluasi bercerita, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses pembelajaran. Hasil kemampuan bercerita yang diperoleh pada siklus I adalah 60% dan siklus II adalah 80%. Adapun persentase rata-rata data pemantau tindakan siklus I adalah 67% dan siklus II adalah 90%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas II di SDN Jatinegara 06 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd ; 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:08
Last Modified: 14 Nov 2019 11:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item