PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVRMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 BEKASI

MARULI PUTRA, . (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVRMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
0. Cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
1. ABSTRAK bhs indonesia.pdf

Download (152kB)
[img] Text
2. ABSTRACT bhs inggris.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran listrik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD).Penelitian ini dilakukan diSMK Negeri 7 Bekasi, dikelas X TOI, dengan jumlah siswa 33 orang, penelitian dilakukan pada semester genaptahun ajaran 2013/2014.Dalam penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Reasech(penelitian tindakan kelas) yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Peran peneliti dalam penelitian ini sebagai tenaga pengajar dan pengamatan dibantu oleh guru kolaborator, yang bertindak hanya sebagai pengamat. Selain nilai hasilbelajar, data yang diambil pada setiap siklus menggunakan lembar pengamatan guru mengajar danlembar pengamatan guru kolaborator.Penelitian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pengukuran listrikpada penelitian ini dilihat melalui penilaian hasil belajar post testyang diberikan setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pengukuran listrik kelas X TOI dari siklus pertama hingga siklus ketiga. PadasiklusI nilai rata-rata siswaadalah 76,25. Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 85,62 dan pada siklus III nilai rata-rata siswa adalah 93,12. Dari hasil pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STADdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengukuran Listrik kelas X Teknik Otomasi Industri (TOI) SMK Negeri 7 Bekasi ******* This research aims to improve the learning results of electrical measurements through the application of cooperative learning model of Student Teams Achievement Divisions (STAD).This research was conducted at SMK Negeri 7 Bekasi, in the class of X number of students with TOI, 33 people, doing research on the even semester academic year 2013/2014.In this study using the method of Classroom Action Research contucted a total of three cycles. Each cylce consists of four stages, namely, planning, action, observation, reflection. The role of the researcher in this study as teacherand teacher observations aided by collaborators, who acted only as observers. In addition to the value of the results of the study, the data are taken at each cyleusing the observation sheet teacher teaching and teacher observation sheet collborators.Student learning outcomes research in electrical measurements on subjects of this research through learning outcomes assessment post test is given every cycle. The results showed that an increase in the average value of the results of learning measurement electric class X TOI from the first cycle and third cycle. In cycleI, the average value of students is 76,25. In cylcle II, the average value of the students was 85,62 and in cycle III the average value of students is 93,12. From the result of the implementation of the Classroom Action Research (CAR), it can be concluded that cooperative learning model type STAD can improve student learning outcomes on the electrical measurement of subjects X-grade Industrial Automation Engineering (IAE) SMK Negeri 7 Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Rusmono, M.Pd. ; 2). Drs. Mufti Ma’sum, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 01 Apr 2021 04:29
Last Modified: 01 Apr 2021 04:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15750

Actions (login required)

View Item View Item