PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (STUDI KEPUSTAKAAN)

MARIA DEWI NURANI, . (2021) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (STUDI KEPUSTAKAAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kajian pustaka yang bertujuan untuk mengetahui peranan model pembelajaran problem based learning untuk memotivasi belajar siswa sekolah dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April – Desember 2020. Data penelitian ini di peroleh dari beberapa buku dan jurnal yang berkatian dengan topik yang diteliti. Sumber data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model analisis Miles and Huberman yang terdiri dari empat langkah kajian. Empat langkah kajian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi siswa. Tahap-tahap pengimpelementasian model pembelajaran problem based learning dianggap sesuai dengan indikator motivasi belajar dimana siswa dituntut untuk bekerja sama dan berdiskusi. Berdasarkan sumber data yang ada model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar pada siswa serta dapat memotivasi siswa menjadi aktif, kreatif dan inovatif dalam menyampaikan suatu pendapat atau gagasan yang siswa tersebut ingin sampaikan. This research was a literature review research which aims to determine the role of problem based learning models to motivate elementary school students' learning in Indonesian language learning. This research was conducted in April - December 2020. This research data was obtained from several books and journals related to the topic being studied. Sources of data in this study were analyzed using the Miles and Huberman analysis model which consists of four study steps. The four study steps carried out in this study were data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the problem based learning model could be an alternative in increasing student motivation. The stages of implementing the problem-based learning model are considered in accordance with the indicators of learning motivation where students are required to work together and discuss. Based on existing data sources, the problem based learning model can improve student learning outcomes and can motivate students to be active, creative and innovative in conveying an opinion or idea that the student wants to convey.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.; 2) Linda Zakiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10423 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2021 04:39
Last Modified: 05 Apr 2021 04:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15803

Actions (login required)

View Item View Item