MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK (LISTENING SKILL) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) SISWA KELAS V SD

DYAH AYU ANGGRAINI, . (2021) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK (LISTENING SKILL) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) SISWA KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa melalui pendekatan Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDS Budi Wanita Jakarta Selatan dimulai pada bulan Desember 2020 sampai bulan Januari 2021, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data pada siklus I motivasi belajar siswa memperoleh persentase 57,14% dari jumlah 12 siswa yang memperoleh nilai keterampilan menyimak diatas 70. Siklus II naik menjadi 95,23% dari jumlah 21 siswa yang mencapai nilai keterampilan menyimak diatas 70. Adapun data untuk pemantau tindakan pembelajaran dengan pendekatan Total Physical Response (TPR) pada siklus I memperoleh persentase 75% dan pada siklus II menunjukkan peningkatan 95%. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan pendekatan Total Physical Response (TPR) dengan alat dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan pendekatan Total Physical Response (TPR) dapat dijadikan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyimak di Kelas V SDS Budi Wanita Jakarta Selatan. This research’s aim is to improve students listening skill in learning through Total Physical Response (TPR in english teaching. The study is conducted in fifth grade in SDS Budi Wanita South Jakarta in December 2020 to January 2021, by using classroom action research method, with 2 cycles through 4 activities, which is planning, doing, observation, and reflection. The result of the study shown by data acquisition presentage in first cycle was 57,14% of the total number of 12 students who achieved a listening skills score above 70. In second cycle shown some improvement, become 95,23% of the total number of 21 students who achieved a listening skills score above 70. As for classroom action’s monitoring data by Total Physical Response (TPR) in first cycle got presentage in 75%, and in second cycle shown some improvement, become 95%. As the result, it is shown that by using Total Physical Response (TPR), we can improve students listening skill in english lesson. The conclusion is english lesson that held by using Total Physical Response (TPR) can be used to improve students’ listening skill in fifth grade at SDS Budi Wanita South Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10419 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2021 04:36
Last Modified: 05 Apr 2021 04:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15825

Actions (login required)

View Item View Item