AFI CHOIRUNNISSA, . (2019) MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DALAM MUATAN PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SDN RAWAMANGUN 01 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
2. LEMBAR PRSETUJUAN .pdf Download (461kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (66kB) |
|
Text
3. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (196kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS .pdf Download (302kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (368kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
11. ISI a. BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text
11. ISI b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
|
Text
11. ISI c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
|
Text
11. ISI d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11. ISI e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa dalam muatan PPKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas V SDN Rawamangun 01 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 34 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Dalam pelaksanaanya terdapat empat tahapan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan refleksi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner, pematau tindakan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dipereloleh data persentase keberhasilan pada siklus I hanya 70,58% siswa yang mencapai skor ≥ 80 dari indikator kecerdasan emosional. Kemudian terjadi terjadi peningkatan pada siklus II, diperoleh data persentase keberhasilan 85,29% siswa yang mencapai skor ≥ 80 dari indikator kecerdasan emosional. Dari data tersebut menunjukan bahwa target penelitian atau kriteria keberhasilan kecerdasan emosional sebesar 75% telah tercapai. Adapun hasil pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I data persentase hanya mencapai 81,25%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan data persentase mencapai 93,75%. Data tersebut menunjukan bahwa target pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa sebesar 85% sudah tercapai. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningatkan kecerdasan emosional siswa dalam muatan PPKn di kelas V SDN Rawamangun 01 Pagi Jakarta Timur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Linda Zakiah, M.Pd ; 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 04:35 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 04:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16102 |
Actions (login required)
View Item |