UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KOLASE PAPER QUILLING Penelitian Tindakan Kelas di Taman Kanak-Kanak Islam Adz-Dzikri Kebayoran lama, Jakarta Selatan Tahun 2019

NURUL INAYAH, . (2019) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KOLASE PAPER QUILLING Penelitian Tindakan Kelas di Taman Kanak-Kanak Islam Adz-Dzikri Kebayoran lama, Jakarta Selatan Tahun 2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (129kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (383kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (218kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (268kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
13a. BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
13b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
13c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
13d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
13e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Islam Adz-Dzikri, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, melalui kegiatan kolase paper quilling yang dilaksanakan pada bulan Januari�Februari 2019. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari anak-anak TK A yang berjumlah 10 orang anak, yaitu terdiri 6 laki-laki dan 4 perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus. Masing-masing siklus terdapat perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing, dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan non tes untuk memperoleh data mengenai pelaksanaan tindakan dan data keterampilan motorik halus anak yaitu melalui observasi berupa catatan lapangan, catatan dokumentasi, dan catatan wawancara serta pedoman penilaian keterampilan motorik halus. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan kolase paper quilling dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Implikasi dari penelitian ini yaitu bahwa kegiatan kolase paper quilling dapat dijadikan bahan alternative dalam kegiatan di kelas maupun di sentra untuk dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak dengan pelaksanaan yang bervariasi dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Wulan, M.Si ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:48
Last Modified: 30 Jun 2021 04:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16394

Actions (login required)

View Item View Item