Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik di Kelas IV dalam Muatan IPA Sekolah Dasar (Studi Eksperimen di Desa Telaga Murni Kecamatan Cikarang Barat Bekasi)

MEIRISNIA RAHMANI, . (2019) Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik di Kelas IV dalam Muatan IPA Sekolah Dasar (Studi Eksperimen di Desa Telaga Murni Kecamatan Cikarang Barat Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (389kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik di Kelas IV Sekolah Dasar Pada Muatan Ilmu Pengetahuan Alam. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain Posttest Only Control Design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Yaa Bunayya Cikarang Barat Bekasi sebanyak 50 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan pembelajaran menggunakan model Experiential Learning dan kelompok kontrol dengan pembelajaran menggunakan model Ekspositori. Data dikumpulkan dengan tes dalam bentuk uraian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik infrensial (uji-t). Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh dengan hasil thitung (3,9283) > ttabel (1,673) Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model Experiential Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd ; 2). Nidya Chandra M.U, S.Pd.,M.Si.
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:01
Last Modified: 06 Jul 2021 08:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16469

Actions (login required)

View Item View Item