KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM KEGIATAN BERMAIN BALOK UNIT TIDAK BERWARNA (Penelitian Kualitatif di Taman Tumbuh Kembang Anak (TTKA) Ceria UNJ Jakarta)

Tria Melinda Desty, . (2016) KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DALAM KEGIATAN BERMAIN BALOK UNIT TIDAK BERWARNA (Penelitian Kualitatif di Taman Tumbuh Kembang Anak (TTKA) Ceria UNJ Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (99kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
3 SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
4 KATA PENGANTAR.pdf

Download (204kB)
[img] Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
7 BAB 1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
8 BAB 2.pdf

Download (532kB)
[img] Text
9 BAB 3.pdf

Download (284kB)
[img] Text
10 BAB 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
11 BAB 5.pdf

Download (98kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (95kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan matematika permulaan anak usia 4-5 tahun dalam kegiatan bermain balok unit tidak berwarna di TTKA Ceria UNJ Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dilaksanakan pada anak usia 4-5 tahun di TTKA UNJ Jakarta. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi/kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data. Temuan hasil penelitian menunjukkan kemampuan matematika permulaan anak usia 4-5 tahun dalam kegiatan bermain balok unt tidak berwarna di TTKA Ceria UNJ Jakarta antara lain adalah: 1) Anak menunjukkan kemampuan matematika mencocokkan ketika bermain balok unit. 2) Anak menunjukkan kemampuan matematika mengklasifikasikan ketika bermain balok unit. 3) Anak menunjukkan kemampuan matematika membandingkan ketika bermain balok unit. 4) Anak menunjukkan kemampuan matematika mengurutkan ketika bermain balok unit. Implikasi dari hasil penelitian in adalah: 1) kegiatan bermain balok unit adalah salah satu kegiatan yang merupakan sarana untuk anak membangun berbagai bentuk kemampuan matematika permulaan 2) Kemampuan matematika permulaan akan terstimulasi lebih baik ketika guru dan lingkungan kondusif mendukung ketika anak saat bermain balok unit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eriva Syamsiatin, S.Pd., M.Si, ; 2). Dr. Nurjannah, S.P., M.Pd,
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 14:09
Last Modified: 19 Nov 2019 14:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1659

Actions (login required)

View Item View Item