“MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCERITA” (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Melati RW 04 Cipinang, Jakarta Timur)

CHOTYAH MARETANIA KHASANAH, . (2018) “MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCERITA” (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Melati RW 04 Cipinang, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
Cover Halaman Depan.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (501kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak usia 4-5 tahun yang mencangkup aspek mampu menolong dirinya sendiri (self help), memiliki innisiatif, percaya diri dan bertanggung jawab melalui kegiatan bercerita. Penelitian ini dilaksanakan di BKB PAUD Melati RW 04 Cipinang, Jakarta Timur. Dengan subjek penelitian sebanyak 12 anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan yang dilakukan melalui 2 siklus, yaitu siklus 1 sebanyak 8 kali pertemuan dan siklus 2 sebanyak 4 pertemuan. Pelaksanaan dilakukan sejak 1 Agustus 2018 hingga 3 September. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument penelitian berupa lembar observasi kemandirian anak, catatan lapangan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Analisis persentase data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan kesepakatan kolaborator sebesar 71% dengan menggunakan rata-rata peningkatan sebesar 30%. Berdasarkan hasil analisis data pra penelitian di dapat persentase sebesar 49%, sedangkan pada siklus I diperoleh kenaikan persentase sebesar 30,6 menjadi 79,6%, dan pada siklus II diperoleh kenaikan sebesar 40% menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil persentase dalam penelitian ini, maka dinyatakan bahwa hipotesis dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan bercerita dapat meningkatkan kemandirian anak usia 4-5 tahun. Implikasi penelitian ini secara teoritis memberikan suatu gambaran mengenai cara meningkatkan kemandirian anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan bercerita. Secara praktis, kegiatan bercerita dapat menjadi salah satu solusi alternative untuk membimbing serta meningkatkan kemandirian anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yudrik Jahja, M.Pd ; 2). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:54
Last Modified: 12 Aug 2021 04:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16740

Actions (login required)

View Item View Item