UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF ALFABET MELALUI PERMAINAN ENGKLEK HURUF PADA ANAK 4-5 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Siaga, Jakarta Selatan)

ANNISAWATI MEGASARI, . (2019) UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF ALFABET MELALUI PERMAINAN ENGKLEK HURUF PADA ANAK 4-5 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Siaga, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text
4. Lembar Pernyataan Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (90kB)
[img] Text
7. Daftar Isi Fix.pdf

Download (127kB)
[img] Text
8. BAB 1 Fix.pdf

Download (350kB)
[img] Text
9. BAB II Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
10. BAB III Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
11. BAB IV Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
12. BAB V Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan huruf alfabet anak usia 4-5 tahun melalui permainan engklek huruf di PAUD Siaga, Pejaten Barat, Jakarta Selatan. Subyek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di PAUD Siaga sebanyak 10 anak Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan analisis data kualitatif yaitu melalui tahapan reduksi data, display data dan kesimpulan terhadap aspek pengenalan huruf alfabet, terlihat bahwa penerapan permainan engklek huruf mampu meningkatkan pengenalan huruf alfabet anak usia 4-5 tahun di PAUD Siaga. Sedangkan berdasarkan analisis data kuantitatif yaitu melalui perhitungan statistik, menyatakan bahwa hasil akhir dari ketercapaian tindakan sebesar 71%. Analisis pada siklus pertama terhadap pengenalan huruf alfabet anak kelompok A meningkat menjadi 70,00% dari pra penelitian sebesar 10,00%. Prosentase pengenalan huruf mengalami peningkatan, namun belum mencapai 71%. Dengan demikian penelitian dilanjutkan pada siklus kedua. Analisis prosentase data pada akhir siklus kedua meningkat menjadi 80,00%. Berdasarkan prosentase ketercapaian hasil dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima dan penelitian dihentikan. Maka dapat disimpulkan dari kedua hasil analisis data yang telah dipaparkan bahwa permainan engklek huruf dapat meningkatkan pengenalan huruf alfabet anak usia 4-5 tahun

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Azizah Muis, M. Pd ; 2). Dr. R. Martini Meilanie, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 02:41
Last Modified: 19 Aug 2021 02:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16842

Actions (login required)

View Item View Item