KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI UNTUK MENANGGULANGI HOAKS DI SMA NEGERI 14 JAKARTA

IFFATUL KARINA, . (2021) KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI UNTUK MENANGGULANGI HOAKS DI SMA NEGERI 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (361kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis kontribusi dari Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan literasi informasi untuk menanggulangi hoaks di SMA Negeri 14 Jakarta. Dalam rangka memerinci tujuan diatas, maka diperlukan tujuan-tujuan khusus diantaranya adalah mendeskripsikan serta menganalisis kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, mendeskripsikan serta menganalisis kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan pemahaman yang komprehensif kepada peserta didik, mendeskripsikan serta menganalisis kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan kemampuan membangun argumentasi yang logis, mendeskripsikan serta menganalisis materi-materi Pendidikan Agama Islam yang berkontribusi dalam menanamkan kemampuan berpikir kritis, pemahaman yang komprehensif, serta membangun argumentasi yang logis, dan mendeskripsikan serta menganalisis pengaruh kontribusi Pendidikan Agama Islam terhadap kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, pemahaman yang komprehensif, serta membangun argumentasi yang logis. Dalam proses pelaksanaan penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, kuesioner, serta dokumentasi. Dalam penelitian ini alat analisa yang digunakan adalah teori pembelajaran yang berorientasi HOTS (High Thinking Order Skills). Dalam proses pembelajaran yang berorientasi HOTS (High Thinking Order Skills), pembelajaran dilaksanakan dengan mengarahkan peserta didik untuk melakukan analisis, mengevaluasi, serta menciptakan. Dengan kegiatan tersebut, peserta didik akan memiliki kemampuan berpikir kritis sehingga tidak mudah terpapar hoaks. Setelah melakukan penelitian, hasil yang didapatkan memperoleh kesimpulan bahwa kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan literasi terhadap hoaks dilakukan dalam proses kegiatan belajar mengajar yang menggunakan proses pembelajaran berorientasi HOTS (High Thinking Order Skills), dalam kegiatan literasi yang sudah ditetapkan sekolah, serta dalam proses evaluasi pembelajaran yang menggunakan test dengan soal terkategori HOTS (High Thinking Order Skills). This study was conducted to describe and analyze the contribution of Islamic Religious Education in improving literacy information to hoaks at SMA Negeri 14 Jakarta. In order to detail the above objectives, special objectives are needed including describing and analyzing the contribution of Islamic Religious Education in instilling the critical thinking ability of learners, describing and analyzing the contribution of Islamic Religious Education in instilling a comprehensive understanding to learners, describing and analyzing the contribution of Islamic Religious Education in instilling the ability to build logical arguments, describe and analyze islamic religious education materials that contribute in instilling critical thinking skills , comprehensive understanding, as well as building logical arguments, and describing and analyzing the influence of the contribution of Islamic Religious Education to the ability of learners in critical thinking, comprehensive understanding, and building logical arguments. In the process of conducting research using qualitative methods. Data collection techniques conducted through interviews, questionnaires, and documentation. In this research, the analysis tool used is hots-oriented learning theory (High Thinking Order Skills). In the learning process oriented HOTS (High Thinking Order Skills), learning is carried out by directing students to conduct analysis, evaluate, and create. With these activities, students will have the ability to think critically so that it is not easily exposed to hoaxes. After conducting research, the results obtained the conclusion that the contribution of Islamic Religious Education in improving literacy to hoaks is carried out in the process of teaching and learning activities that use the learning process oriented HOTS (High Thinking Order Skills), in literacy activities that have been determined by the school, as well as in the process of evaluation of learning using tests with problems categorized HOTS (High Thinking Order Skills).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadiyanto, MA. ; 2). Dr. Abdul Fadhil, MA.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10836 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 09:15
Last Modified: 23 Aug 2021 09:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17061

Actions (login required)

View Item View Item