ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2016

JEIHAN SHAFIRA, . (2021) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BIOGRAPHY.pdf.pdf

Download (537kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Minat merupakan suatu dorongan yang muncul dari dalam diri seseorang karena pengaruh dari dalam diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Sedangkan minat menjadi guru adalah suatu dorongan yang timbul karena adanya ketertarikan terhadap profesi guru sehingga memberikan perhatian yang besar untuk menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat menjadi guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 di Universitas Negeri Jakarta. Faktor yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dukungan orang tua, self efficacy, dan persepsi profesi guru. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan orang tua dengan minat menjadi guru, terdapat hubungan positif dan signifikan antara self efficacy dengan minat menjadi guru, dan terdaapt hubungan positif dan signifikan antara persepsi profesi guru dengan minat menjadi guru. Kata kunci : dukungan orang tua, self efficacy, persepsi profesi guru, minat menjadi guru Interest is an impulse that arises from within a person due to influence from within oneself and the surrounding environment. While interest in becoming a teacher in the teaching profession so that it gives great attention to becoming a teacher. This study aims to determine what factors can effect the interest in becoming a teacher in Economics Education Students class 2016 at the State University of Jakarta. The factors used in this study are parental support, self- efficacy, and perception of the teaching profession. Data collection was carried out in this study using quantitative techniques through questionnaires. The results of this study indicate that there is a positive and significant relationship between parental support and interest in becoming a teacher, there is a positive and significant relationship between self- efficacy and interest in becoming a teacher, and there is a positive and significant relationship between perceptions of the teaching profession and interest in becoming a teacher. Keyword: parental support, self efficacy, perception of the teaching profession, interest being a teacher

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Rd Tuty Sariwulan, M.Si ; 2. Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, S.E, M.SE
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 10658 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 16:15
Last Modified: 19 Aug 2022 03:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17394

Actions (login required)

View Item View Item