PUSPA RAHMA ADIAMANU PUTRI, . (2021) KETERLIBATAN WARGA NEGARA (CIVIC ENGAGEMENT) DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR ANAK PEMULUNG (STUDI KUALITATIF DI TAMAN BACA UMUM AL-IKHLAS, BANTAR GEBANG – BEKASI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (701kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (167kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Puspa Rahma Adiamanu Putri. Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) dalam Membangun Motivasi Belajar Anak Pemulung (Studi Kualitatif di Taman Baca Umum Al-Ikhlas, Bantar Gebang-Bekasi). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai keterlibatan warga negara dalam membangun motivasi belajar anak pemulung di Tempat Pembuangan Akhir Sumur Batu, Bantar Gebang, Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dengan 3 (Tiga) informan yang merupakan guru di TBU Al-Ikhlas serta 5 (Lima) informan siswa TBU Al-Ikhlas. Serta melakukan proses konfirmasi kepada seorang ahli yaitu Kepala Sekolah SD Ruhul Amin, sedangkan untuk melengkapi data digunakan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan yang dilakukan oleh masyarakat TPA Sumur Batu, Bantar Gebang dalam membangun motivasi belajar anak pemulung yaitu menbuat sekolah gratis yang bernama Taman Baca Umum Al-Ikhlas dan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak selalu antusias dalam belajar. TBU Al-Ikhlas membantu anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui program kejar paket dan program orang tua asuh. Selain itu anak-anak tidak dipungut biaya sama sekali dan selalu diberikan alat penunjang belajar setiap tahunnya, dalam memenuhi kebutuhannya TBU Al-Ikhlas selalu membuka donasi. Guru di TBU Al- Ikhlas Mayoritas merupakan ibu-ibu rumah tangga. Kesimpulan penelitian ini adalah keterlibatan yang dilakukan oleh masyarakat dengan membuat sekolah gratis merupakan hal yang tepat dalam membantu orang tua yang tidak dapat memenuhi persyaratan untuk menyekolahkan anaknya, serta membantu anak yang ingin sekolah, menggunakan metode pengajaran yang asik sehingga anak-anak menjadi lebih semangat, ceria dan bahagia dalam belajar. Dalam suatu kegiatan pasti memiliki hambatan, namun melalui hal tersebutlah dapat menjadi proses perjuangan agar anak dapat mengakses pendidikan yang lebih baik. Kata Kunci : Civic Engagement, Motivasi Belajar, Anak Pemulung, Bantar Gebang ABSTRACT Puspa Rahma Adiamanu Putri. Citizen Engagement (Civic Engagement) in Building the Learning Motivation of Scavengers Children (Qualitative Study at Al-Ikhlas Triananda Public Reading Park, Bantar Gebang-Bekasi). Thesis. Jakarta: Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2021. This study aims to find out in depth the involvement of citizens in building the learning motivation of scavengers boy at the Sumur Batu Final Disposal Site, Bantar Gebang. The research method used is qualitative. The data collection procedure was carried out by interviewing 3 (three) informants who were teachers at TBU Al-Ikhlas and 5 (five) student informants at TBU Al-Ikhlas. As well as conducting a confirmation process to an expert, namely the Principal of SD Ruhul Amin, while to complete the data, a documentation study was used. This research was carried out in May-June 2021. The results showed that the involvement carried out by the Sumur Batu TPA community, Bantar Gebang in building the learning motivation of scavenger children was to create a free school called Al-Ikhlas Public Reading Park and use fun learning methods so that Children are always enthusiastic about learning. TBU Al-Ikhlas helps children who want to continue their education to a higher level through the pursuit package program and the foster parent program. In addition, children are not charged at all and are always provided with learning support tools every year, in meeting their needs TBU Al-Ikhlas always opens donations. Teachers at TBU Al-Ikhlas The majority are housewives. The conclusion of this study is that the involvement carried out by the community by making free schools is the right thing to help parents who cannot meet the requirements to send their children to school, as well as helping children who want to go to school, using cool teaching methods so that children become more enthusiastic, cheerful and happy in learning. In an activity there must be obstacles, but through this it can be a process of struggle so that children can access better education. Keywords: Civic Engagement, Learning Motivation, Scavenger Children, Bantar Gebang
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Raharjo,S.Pd,M.Si 2) Iqbal Syafrudin,S.Pd,MIP |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 11022 not found. |
Date Deposited: | 28 Aug 2021 03:36 |
Last Modified: | 28 Aug 2021 03:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17744 |
Actions (login required)
View Item |