Menik Qoiri Trihasari, . (2012) Pemanfaatan Jejaring Sosial Facebook sebagai Media Pembelajaran di XI IPS 2 SMA N 103 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK_PERSEMBAHAN.pdf Download (344kB) |
|
Text
BAB 1-5.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (219kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (349kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (163kB) |
|
Text
DENAH RUANG SMA N 103 JAKARTA 2008.pdf Download (627kB) |
|
Text
DFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
|
Text
fieldnote shp.pdf Download (229kB) |
|
Text
INSTRUMENT PENELITIAN.pdf Download (250kB) |
|
Text
Pedoman Wawancara.pdf Download (340kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa XI IPS 2 yang menggunakan facebook sebagai wadah untuk berbagi materi pelajaran dan diskusi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan jejaring sosial facebook sebagai media pembelajaran di kalangan siswa. Penelitian ini juga didukung dengan jejaring sosial facebook sebagai media pembelajaran di kalangan siswa. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kerucut pengalaman Edgar Dale dan Mannuel Castells tentang masyarakat informasional. Kerucut pengalaman Edgar Dale melihat pembelajaran berdasarkan pengalaman. Masyarakat informasional sendiri menurut Castells diartikan sebagai kombinasi dan penggunaan factor-faktor produksi berbasis pengetahuan dan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang ditujukan untuk memahami makna dari gejala sosial yang ada. Penulis dalam mengumpulkan data menggunakan data-data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dan secara tidak langsung. Data sekunder diperoleh dari buku, artikel, internet sebagai penguat hasil temuan data empirik. Peneliti memilih 25 siswa sebagai informan dan 6 informan kunci yang terdiri dari dua staf EDP, tiga guru SMA N 103 Jakarta dan satu mahasiswa ekonomi. Peneliti menemukan dua temuan utama dalam penelitian ini. Pertama ialah jejaring sosial facebook sebagai media pembelajaran di kalangan siswa. Temuan tersebut mencakup proses pembelajaran, bentuk pembelajaran, topik pembelajaran di dalam facebook, pandangan siswa terhadap facebook, alasan menggunakan facebook, aktifitas siswa di dalam facebook. Facebook sebagai media pembelajaran dapat menjadi wadah untuk menyampaikan materi, sebagai tempat untuk diskusi baik antara siswa dengan siswa maupun antara siswa dengan guru dan berbagi informasi yang menunjang pembentukan pengetahuan bagi siswa. Kedua ialah pemanfaatan jejaring sosial facebook sebagai media pembelajaran yang dikaitkan dengan fungsi media pembelajaran menurut Levie&Lentz, dan konsep pembelajaran kerucut pengalaman menurut Edgar Dale. Facebook dalam kerucut pengalaman termasuk kedalam pembelajaran demonstrasi di mana siswa berperan langsung dan ikut aktif di dalam diskusi. Pemanfaatan ini juga ditemukan adanya peningkatan intensitas interaksi dan keterasingan yang dikaji dengan teorinya Mannuel Castells. Hal ini terhubung dengan ruang dan waktu dalam pembelajaran yang dapat diatasi dengan melalui dunia maya (internet). Kata kunci: Facebook, Konstruksi Sosial dan Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Ubedillah Badrun, S.Pd, M.Si 2.) Dra. Evy Clara, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | putra putra putra |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 09:47 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 09:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1892 |
Actions (login required)
View Item |