DEVI SEFTIYANA, . (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 13 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PENGOLAH ANGKA (SPREADSHEET). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (795kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran aplikasi pengolah angka (spreadsheet) siswa kelas X di SMK Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 84 siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kecerdasan emosional dan disiplin belajar menggunakan kuesioner dan diukur dengan skala likert, serta data dokumentasi untuk memperoleh informasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa data berdistribusi normal dan linear. Hasil uji hipotesis pada uji T menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar serta terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara disiplin belajar terhadap hasil belajar. Hasil uji F menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar. Koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 80,4% yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan disiplin belajar secara serentak memengaruhi hasil belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. The purpose of this determines the effect of emotional intelligence and learning discipline on learning outcomes of spreadsheet subjects in 10th grade SMK Negeri 13 Jakarta. This study uses a quantitative approach with a survey method. The population of this study was 108 students. The sampling tehcnique used Proportional Random Sampling and obtained a sample of 84 students. The instrument used to obtain data on emotional intelligence and learning discipline was using a questionnaire and measured by a likert scale, as well as documentation data to obtain information on student learning outcomes. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression and hypothesis testing using t test and F test. Based on the results of the analysis, it is known that the data are normally distributed and linear. The results of the hypothesis test on the T test show that there is a positive and significant effect partially between emotional intelligence on learning outcomes and there is a positive and significant effect partially between learning discipline on learning outcomes. The result of the F test shows that there is a positive and significant effect simultaneousl between emotional intelligence and learning discipline on learning outcomes. The coefficient of determination in this study is 80,4% which indicates that emotional intelligence and learning discipline simultaneously affect learning outcomes, while the rest is influenced by other factors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak. ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 11975 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2021 06:13 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 02:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19150 |
Actions (login required)
View Item |