MODEL MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN POWTOON (Penelitian Pengembangan Di SMK Garuda Jakarta)

NURUL ALFIA, . (2021) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN POWTOON (Penelitian Pengembangan Di SMK Garuda Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (353kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam pengajaran Bahasa arab menggunakan Powtoon untuk siswa kelas X di SMK Garuda Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan rumus ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), Peneliti membatasi Langkah metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: analisis kebutuhan Siswa, merancang dan mengembangkan sebuah media pembelajaran dalam pengajaran bahasa arab menggunakan Powtoon dengan menyesuaikan RPP serta penilaian produk oleh ahli review. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tiga Langkah dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan Powtoon : (1) Menganalisis kebutuhan siswa dari 25 siswa diperoleh 68% tertarik menggunakan Powtoon untuk Pembelajaran Bahasa Arab. (2) merancang media pembelajaran dengan menentukan ide alur cerita. (3) Pengembangan media pembelajaran menggunkan web applikasi Powtoon untuk mengubah komponen-komponen seperti materi, gambar, dan audio dalam model e-learning. (4) tahap akhir dari pengembangan ini adalah pasca produksi. Dimana kegiatan tersebut merupakan review dan evaluasi tehadap media yang telah dihasilkan. Tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan Powtoon berdasarkan penilaian : (1) Ahli Materi diperoleh rata-rata presentase skor 94% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. (2) Ahli Media diperoleh rata-rata presentase skor 89% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian maka Powtoon layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Bahasa Arab; Media Pembelajaran; Powtoon *********** Abstract This research aims to develop learning media in Arabic language teaching using Powtoon for X-graders at SMK Garuda Jakarta. The method used in this study is a development method with ADDIE formula (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation), Researcher limited the steps of methods used in this study, namely: analysis of student needs, designing and developing a learning media in Arabic language teaching using Powtoon by adjusting RPP and product assessment by review experts. Based on the results of the study showed three steps in the creation of learning media using Powtoon: (1) Analyzing the needs of students of 25 students obtained 68% interested in using Powtoon for Arabic Language Learning. (2) Desaign learning media by determining storyline ideas. (3) Development of learning media using Powtoon web application to change components such as materials, images, and audio in the e-learning model. (4) the final stage of this development is post-production. Where the activity is a review and evaluation of tehadap media that has been produced. The feasibility level of learning media using Powtoon based on the assessment: (1) Material Experts obtained an average percentage score of 94%, which belongs to the category of Very Worthy. (2) Media Experts obtained an average percentage score of 89%. which falls into the category of Highly Eligible. Thus Powtoon deserves to be used as a learning medium. Keywords : Arabic language; Learning Media; Powtoon.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Samsi Setiadi, M.Pd. ; 2). Andri Ilham, M.A.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 11305 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:36
Last Modified: 07 Sep 2021 04:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19400

Actions (login required)

View Item View Item