PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK DENGAN AUTISME BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SLB NEGERI 11 JAKARTA)

SAVIRA YUNIAR ADELINA, . (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK DENGAN AUTISME BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SLB NEGERI 11 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi anak dengan autisme sekolah dasar belajar di rumah selama masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini yaitu orang tua pada 2 keluarga yang memiliki anak dengan autisme kelas 1A di SLB Negeri 11 Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Kesimpulannya selama mendampingi anak dengan atisme belajar selama pademi covid-19, peran orang tua yaitu memberikan kebebasan kepada anak, menemani dan mengawasi anak belajar, membantu anak mengatasi kesulitan selama belajar, memberikan motivasi kepada anak, menjaga dan mengarahkan fokus anak, memberikan apresiasi, dan memberikan serta meluangkan waktunya untuk menemani anak belajar di rumah. This research aims to determine the role of parents in accompanying children with autism in elementary schools to study at home during the pandemic. This research uses a qualitative research method with a case study approach. Informants in this research were parents of 2 families with children with autism class 1A at SLB Negeri 11 Jakarta. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis by reducing the data, presenting the data, and draw conclusions. The conclusions is while accompanying children with autism to study at home during the covid-19 pandemic, the role of parents is the parents give freedom to children, accompanying and supervising children to study, helping children, giving motivation, maintaining and directing children’s focus, giving appreciation, and spend time to accompany children to study at home.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Nuraini P, M. Sp, Ed ; 2). Suprihatin, M.Ed, Ed.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 11431 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 11:20
Last Modified: 06 Sep 2021 11:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19554

Actions (login required)

View Item View Item