QOLBI AINI ASRI, . (2021) KREATIVITAS GERAK DALAM KEGIATAN EKSPLORASI GERAK TARI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (323kB) |
|
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kreativitas eksplorasi gerak peserta didik dalam pembelajaran tari, hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu guru masih menggunakan metode atau model yang konvensional serta guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga menyebabkan kegiatan pembelajaran terasa pasif dan membosankan, juga menyebabkan kurangnya kreativitas pada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran sinektik dalam meningkatkan kreativitas gerak dalam kegiatan eksplorasi gerak tari peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan April hingga bulan Juli 2021 menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakan (literature review). Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dengan menelaah dan mengeksplorasi data sekunder berupa buku, e-book, jurnal maupun dokumen- dokumen serta sumber data atau informasi yang relevan dengan topik kreativitas tari, eksplorasi gerak tari, dan model sinektik baik dalam bentuk cetak maupun elektronik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari beberapa jurnal dan karya ilmiah skripsi yang relevan maka didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas adalah model sinektik. Menerapkan model pembelajaran sinektik dalam pembelajaran tari peserta didik dituntut untuk aktif dan kreatif dalam gerak, juga berekspresi serta lebih kreatif dalam menganalogikan objek. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sinektik dapat meningkatkan kreativitas eksplorasi gerak tari peserta didik. Kata kunci: Kreativitas Gerak, Eksplorasi Gerak Tari, Model Sinektik *********** ABSTRACT This research is motivated by the low creativity of exploration of students' motion in dance learning, it is caused by various factors, including teachers still using conventional methods or models and teachers still dominate learning activities that cause learning activities to feel passive and boring, also causing a lack of creativity in learners. The purpose of this study is to find out the use of synectic learning models in improving the creativity of the exploration of dance movements of learners. This research was conducted in April to July 2021 using qualitative research method with literature review approach. The data source in this study was obtained by studying and exploring secondary data in the form of books, e-books, journals and documents as well as data sources or information relevant to the topic of dance creativity, exploration of dance movements, and synectic models both in print and electronic form. Based on the results of research obtained from several journals and scientific works of relevant thesis, results were obtained that showed that one of the learning models that can be used to increase creativity is the synectic model. Applying synectic learning model in dance learning learners are required to be active and creative in motion,also expressive and more creative in analogizing objects. Thus, it can be concluded that synectic learning models can increase creativity in the exploration of dance movements of learners. Keywords: Creativity of Movement, Exploration of Dance Movement, Sinectic Model
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd. ; 2). Dr. Deden Haerudin, M.Sn. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Users 11183 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 00:27 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 00:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19712 |
Actions (login required)
View Item |