PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PPKN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

CICI INTAN PUTRIANI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PPKN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa permainan ular tangga dalam muatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Responden dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas IV SD. Dikarenakan adanya pandemi covid-19, uji coba penggunaan hanya dapat dilaksanakan pada tahap uji coba one to one yang terdiri dari tiga peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kuisioner. Hasil uji coba media permainan ular tangga kepada para ahli memperoleh nilai 84,3% dari ahli media, 96,4% dari ahli materi, dan 92,4% dari ahli bahasa. Hasil dari penilaian ketiga ahli tersebut memperoleh nilai dengan rata-rata 91,2%. Sedangkan hasil uji coba one to one memperoleh nilai 95,2%. Hal ini menunjukkan bahwa media permainan ular tangga memperoleh nilai Sangat Baik (SB). Hal ini menunjukkan bahwa media permainan ular tangga memperoleh nilai Sangat Baik (SB) dengan rentang skor 75% - 100% sehingga layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tema 4 “Berbagai Pekerjaan” mengenai makna simbol sila-sila Pancasila kelas IV Sekolah Dasar. This study aims to produce media in the form of a game of snakes and ladders in the content of education and citizenship learning. The method used in this research is research and development (R&D) with the ADDIE development model. The respondent in this study consisted of students of fourth grade elementary school. Due to the covid 19 pandemic, the trial use can only be carried out at the one to one trial stage which consists of three students of fourth grade elementary school. Data collection techniques used in this study were interviews, observation, and questionnaires. The result of the snake and ladder game media trialto experts obtained a score of 84,3 percent from media experts, 96,4 percent of material experts and 92,8 percent of linguist. The result of the assessment of the three experts obtained an average score of 92,1 percent. While the one to one trial results obtained a value of 95,2 percent. This shows that the snake and ladder game media get very good scores with a score range of 75 percent- 100 percent so it is appropiate to be used as a media in learning Pancasila Education and Citizenship theme 4 “in various jobs” regarding the meaning of the fourth grade Pancasila precepts symbol in elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd ; 2). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12220 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:33
Last Modified: 10 Sep 2021 02:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19918

Actions (login required)

View Item View Item