PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE CHATBOT BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

ANISA FAUZIAH, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBSITE CHATBOT BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan dari media pembelajaran website chatbot berbasis pemecahan masalah pada materi penyajian data untuk kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan empat tahapan dari model penelitian dan pengembangan 4-D Thiagarajan, yaitu: 1) define,2) design ,3) develop, dan 4) disseminate. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk media pembelajaran website chatbot berbasis pemecahan masalah pada muatan pembelajaran matematika materi penyajian data untuk kelas IV sekolah dasar. Tingkat kelayakan berdasarkan hasil persentase rata-rata penilaian ahli materi, ahli media pembelajaran, ahli bahasa, dan ahli desain konstruksional adalah 87,6 % dengan kriteria “sangat layak” serta “sangat baik”. Selanjutnya, respon peserta didik terhadap produk saat diuji cobakan secara terbatas menggunakan face to face tryouts by learners website chatbot juga tidak memerlukan perbaikan. Responden guru kelas IV juga memberikan penilaian terhadap produk serta mendapatkan persentase sebesar 93,75 % dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran website chatbot berbasis pemecahan masalah layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika pada pembelajaran penyajian data. This research aimed to develop as well as to determine the feasibility of the learning media website chatbot based on problem solving in present data for grade 4 elementary school. This study used research and development as the research method with four stages 4-D Thiagarajan development model , namely : 1) define ,2) design,3) develop, and 4) disseminate. The product of this research was a website chatbot learning media based on problem solving in present data for grade IV elementary school. The feasibility level based on average percentage of assessment material experts, learning media experts, language experts and konstruksional design experts result wes 87,6 % which achieved the category of “very feasible” and “very good”. Furthemore, the percentage of students responding to products in the limited trial with face to face tryouts by learners' website chatbot does not need repairs. The percentage of teacher response assessment results to produce wes 93,75 % which achieved the category of “very good”. Based on this result, it could be concluded that website chatbot learning media based on problem learning was suitable to be used as a mathematics learning media for present data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd ; 2). Dra. Endang M. Kurnianti, M.Ed
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12354 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:47
Last Modified: 13 Sep 2021 06:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20048

Actions (login required)

View Item View Item