MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN MENGGUNAKAN PROGRAM "RABUNG" PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ULIL ALBAB (PENELITIAN TINDAKAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KOTA DEPOK, JAWA BARAT)

SERUNI MAYANGSARI, . (2021) MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN MENGGUNAKAN PROGRAM "RABUNG" PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ULIL ALBAB (PENELITIAN TINDAKAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KOTA DEPOK, JAWA BARAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada abad ke-21 sekarang ini, literasi keuangan perlu ditingkatkan supaya anak mengenal bentuk uang, mengenal nominal uang, memahami penggunaan uang (perbedaan kebutuhan dan keinginan), memiliki sikap kerja sama dalam proyek bersama orang tua dan dapat belajar merencanakan keuangan untuk mencapai tujuan dalam kehidupan sehari-hari, serta melakukan kegiatan menabung. Penelitian tindakan ini dilatarbelakangi oleh pemahaman dan kemampuan literasi keuangan anak di RA Ulil Albab masih rendah. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan anak menggunakan program “Rabung” pada anak usia 5-6 tahun di RA Ulil Albab dengan model project-based learning di Kota Depok, Jawa Barat. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus yang terdiri dari empat kali pertemuan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun. Usia 5-6 tahun perlu diajari literasi keuangan untuk menumbuhkan pengetahuan dan kemampuan literasi keuangan. Adanya pandemi Covid-19 sekarang, penelitian ini melakukan kunjungan ke rumah anak. Penelitian ini menggunakan model project based learning. Model project based learning ini dengan menggunakan proyek “Rabung”, kependekan dari Rumah Menabung. Program tersebut membuat anak mampu bekerja secara mandiri dan aktif dalam mengontruksi produk nyata. Prosedurnya terdiri dari tiga fase, yakni: memulai proyek; pembelajaran aktual; dan melakukan proyek. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: 1) anak aktif dalam menginvestigasi, memecahkan masalah, dan menambah pengetahuan dan kemampuan literasi keuangan melalui pengalaman sesuai kebutuhan; 2) hasil analisis data pra-penelitian diperoleh persentase sebesar 42,50%, siklus I sebesar 65,63%, dan siklus II sebesar 96,67%. Persentase kenaikan yang terlihat dari pra penelitian sampai siklus I sebesar 23,13% dan persentase kenaikan dari siklus I sampai siklus II sebesar 31,04%; dan 3) program “Rabung” dapat membantu pembelajaran literasi keuangan anak. kesimpulannya bahwa penggunaan program “Rabung” dengan model project based learning dapat meningkatkan literasi keuangan anak usia 5-6 tahun RA Ulil Albab. In the 21st century, financial literacy for children needs to be improved so they can recognize the type & value of money, understand the function of money (differences between needs and wants), cooperative with their parents on project, and learn how to make financial plan to achieve goals in daily life. The knowledge and capability of children financial literacy at RA Ulil Albab are still low. This action research aims to improve their financial literacy using "Rabung" program for aged 5-6 years at RA Ulil Albab with a project-based learning model in Depok City, West Java. The research was implemented in two cycles. Each cycle consist of four meetings, starting from planning, implementing, observing, and reflecting. The subject of this research were children aged 5-6 years, because children on that age need to be taught of financial literacy to grow their financial literacy knowledge and capability. Due to Covid-19 pandemic, research was conducted by visit to children's house. This research use a project-based learning model, which is “Rabung” program, stands for Rumah Menabung. The program enables children to work independently and actively in constructing real products, consist of three phases: starting the project; actual learning, and do the project. The analysis data used are quantitative data and qualitative data. The results from this research: 1) children are active in investigating, solving problems, and increasing their knowledge and skills of financial literacy through experience as needed; 2) the results of pre-research obtained 42.50%, the first cycle 65.63%, and the second cycle 96.67%. There were increasing 23.13% from pre-research to first cycle and increasing 31.04% from first cycle to second cycle; and 3) “Rabung” program can improve children to learn financial literacy. The conclusion is the "Rabung" program with a project-based learning model can improve the financial literacy of children aged 5-6 years at RA Ulil Albab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurjannah, SP., M.Pd. ; 2). Eriva Syamsiatin, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 12700 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 09:52
Last Modified: 13 Sep 2021 09:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20199

Actions (login required)

View Item View Item