MODEL MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS LECTORA INSPIRE (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

SHELLY OKTARINA, . (2021) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS LECTORA INSPIRE (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2.BAB 1.pdf

Download (227kB)
[img] Text
3.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy

Abstract

Dalam mempelajari bahasa Arab, umat Islam berhadapan dua perangkat pembelajaran yang penting, yaitu nahwu dan shorof. Nahwu disebut juga sebagai bapak ilmu, karena ilmu nahwu merupakan penyempurnaan dari setiap kalimat baik struktur, sintaksis, bentuk, dan sebagainya. Shorof adalah induk dari ilmu-ilmu karena Shorof dapat menghasilkan bentuk setiap kalimat. Hal ini melatarbelakangi penulis untuk melakukan penelitian yaitu "Model Media Pembelajaran Nahwu Berbasis Lectora Inspire (Penelitian Dan Pengembangan di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNJ)". Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Nahwu berbasis media Lectora Inspire Pada Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, untuk membantu dan mempermudah mahasiswa dalam belajar Nahwu. Penelitian ini menggunakan metode (Research and Development) dengan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui dan angket kuesioner. Mengevaluasi produk berdasarkan materi diperoleh rerata presentase skor 80% yang termasuk kategori Sangat Layak, dan ahli media diperoleh rerata presentase skor 76,5% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. ****** In learning Arabic, Muslims are faced with two important learning tools, namely nahwu and shorof. Nahwu is also called the father of science, because the science of nahwu is a refinement of every sentence in terms of structure, syntax, form, and so on. Shorof is the mother of the sciences because Shorof can produce the form of every sentence. This is the background for the author to conduct research, namely: “A Model Of Learning Media of Nahwu Based on Lectora Inspire (Research and Development at The Arabic Language Education Study Program, State University Of Jakarta)”. This study aims to develop Nahwu learning media based on Lectora Inspire media for Jakarta State University Students, to help and facilitate students in learning Nahwu. This study uses the method (Research and Development) with ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data collection techniques used through questionnaires and questionnaires. Evaluating the product based on the material obtained an average score percentage of 80% Very Decent which is included in the Eligible category, and media experts obtained an average score of 76.5% Very Decent which is included in the Eligible category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd.; 2). Dr. Mohamad Sarip, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 12285 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 05:27
Last Modified: 15 Sep 2021 05:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20386

Actions (login required)

View Item View Item