EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERWAWASAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

ESTI MUTIA HAYATI, . (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERWAWASAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA disebabkan oleh kurangnya kesempatan siswa untuk mengeksplorasi kemampuan berpikir kritisnya dalam mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah melalui model dan metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain systematic literature review. Data penelitian ini adalah artikel-artikel ilmiah yang relevan dengan tema yang sama dengan penelitian ini. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, sintesis temuan, dan kesimpulan. Analisis terhadap artikel ilmiah yang relevan menghasilkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA yang dilakukan dengan pembelajaran kooperatif. Metode-metode atau strategi pembelajaran ini melibatkan siswa secara berkelompok untuk berdiskusi dan bekerja sama dalam memecahkan suatu masalah atau proyek sehingga memastikan setiang anggota kelompok memiliki kinerja yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Artikel-artikel ilmiah sebelumnya yang relevan ini juga berdampak pada konstruktivisme pribadi dan konstruktivisme sosial siswa untuk membangun pengetahuan dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, kemampuan berpikir kritis, sains The poor of critical thinking skills of elementary school students in science learning is caused by the lack of opportunities for students to explore their critical thinking skills in making decision and solving problems. One way to improve students' critical thinking skills is through appropriate learning models and methods in science learning. Therefore, the aims of this study was to analyze the effectiveness of cooperative learning to enhance students' critical thinking skills. This study design used a systematic literature review design. The data for this study was previous relevant scientific articles that have the same theme as this study. The data analysis technique is done by reducing the data, presenting the data, synthesizing the findings, and making conclusions on the findings. The analysis of the previous relevant scientific articles generate students’ critical thinking skill in science learning conducting by cooperative.These learning methods or strategies involve students in groups to discuss and work together in solving a problem or project so as to ensure that each group member has a performance that is in accordance with the learning objectives. These relevant previous scientific articles also impact to students’ personal constructivism and social constructivism to build students' knowledge and high order thinking skill. Keywords: cooperative learning, critical thinking skill, science

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Agung Purwanto, M.Si. ; 2). Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 12940 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2021 10:14
Last Modified: 06 Oct 2021 10:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21060

Actions (login required)

View Item View Item