PENGEMBANGAN GAME PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD

DENNY GUNAWAN, . (2016) PENGEMBANGAN GAME PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (133kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
3. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (253kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

Bermain merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan anak. Bermain juga merupakan unsur yang penting untuk perkembangan anak baik fisik, emosi, mental, intelektual, kreativitas, dan sosial. Salah satu aktivitas bermain yang disukai oleh para siswa adalah bermain game. Game merupakan salah satu aktivitas bermain yang dilakukan oleh anak usia sekolah ketika mereka sedang bosan atau tidak memiliki kegiatan. Pemilihan mata pelajaran PKN dikarenakan mata pelajaran ini merupakan wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia. Tujuan penelitian ini membuat siswa lebih tertarik untuk belajar dengan adanya game yang digunakan untuk bermain sekaligus belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development ( R&D ). Adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut : Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain dan Implementasi, Validasi Produk, Revisi Produk 1, Uji coba Pemakaian, Revisi Produk 2 dan Produksi Masal. Adapun hasil penilaian sebagai berikut : Hasil uji kelayakan penilaian media sudah diujikan dan telah direvisi sesuai dengan saran dari ahli media. Hasil uji materi dan uji coba game kuis interaktif siswa menunjukkan hasil yang sangat baik.Namun masih terdapat kelemahan pada penelitian ini yaitu cara penyampaian pada game yang masih belum memenuhi kriteria untuk anak kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prasetyo Wibowo Yunanto ST, M.Eng ; 2). Bambang Prasetya Adhi S.Pd, M.Kom
Subjects: Sains > Matematika > Software, Sistem Informasi Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:17
Last Modified: 19 Oct 2021 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item View Item