PENINGKATAN PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN PAPAN REWARD (Penelitian Tindakan pada Kelompok A di TK Budi Mulia Dua Bintaro, Ciputat-Tangerang Selatan Tahun 2018)

EVA SANTY, . (2019) PENINGKATAN PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN PAPAN REWARD (Penelitian Tindakan pada Kelompok A di TK Budi Mulia Dua Bintaro, Ciputat-Tangerang Selatan Tahun 2018). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. RINGKASAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar melalui papan reward dalam meningkatkan perilaku disiplin anak di TK Budi Mulia Dua Bintaro tahun 2018 Kota Tangerang Selatan pada bulan September 2018. Subjek penelitian adalah kelompok A sebanyak 18 siswa menggunakan metode penelitian tindakan. Prosedur dibagi menjadi dua siklus. Tehnik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Tehnik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Pra Siklus dilakukan untuk menentukan persentase displin sebesar 26,81% meningkat menjadi 56,66% setelah siklus pertama, dan meningkat menjadi 87,5% setelah siklus kedua. Disiplin anak dapat ditingkatkan melalui penggunaan papan reward, dimana melalui papan reward selain menarik dapat memotivasi anak serta meningkatkan semangat dalam belajar. ******* This study aims to describe the process and learning outcomes through use the reward boards in improving children's discipline in Budi Mulia Dua Bintaro Kindergarten in 2018 South Tangerang City in September 2018. The research subjects were group A as many as 18 students using action research methods. The procedure is divided into two cycles. Data collection techniques through tests, observation, interviews and documentation studies. Data analysis techniques used in this study are quantitative and qualitative data analysis. Pre-cycle was carried out to determine the discipline percentage of 26.81% increasing to 56.66% after the first cycle, and increasing to 87.5% after the second cycle. Child discipline can be improved through reward boards, where through reward boards besides being attractive can motivate children and increase enthusiasm in learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Zarina Akbar Ph.D. ; 2). Dr. Elindra Yetti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:12
Last Modified: 24 Nov 2021 07:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21597

Actions (login required)

View Item View Item