EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KLIP PEMBUATAN ROTI MANIS TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA (Aplikasi pada Mahasiswa Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta)

NAULA ZAHIA SYIFA, . (2016) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO KLIP PEMBUATAN ROTI MANIS TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA (Aplikasi pada Mahasiswa Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAC DLL SKRIPSI FIX.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI FIX.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI FIX.pdf

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran video klip pembuatan roti manis terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini diadakan di Program Studi Tata Boga, Universitas Negeri Jakarta pada bulan 2015 – Januari 2016. Menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen dimana terdapat kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Pada penelitian ini jumlah keseluruhan responden sebanyak 34 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 17 mahasiswa untuk kelompok perlakuan dan 17 mahasiswa untuk kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan cara memberikan kuisioner dalam bentuk 28 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya tentang materi roti manis. Selanjutnya selisih peningkatan hasil pengetahuan pre-test dan post-test diuji normalitas dan homogenitas dengan hasil data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan selisih peningkatan hasil pre-test dan post-test pada masing – masing perlakuan diperoleh rata – rata peningkatan 40,95 untuk kelompok perlakuan dan 30,45 untuk kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t independen dengan taraf signifikan 0,05, terbukti bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara mahasiswa yang diberikan media video klip dengan mahasiswa yang diberikan media handout. Media video klip pembuatan roti manis pada mata kuliah Dasar Roti dan Kue terbukti lebih efektif sebagai media pembelajaran dibandingkan dengan media handout

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurlaila AM, M. Kes, ; 2). Dr. Ir Mahdiyah, M. Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:04
Last Modified: 29 Nov 2021 04:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21617

Actions (login required)

View Item View Item