Desti Apriyanti, . (2019) KARAKTER TARI TOPENG KLANA CIREBON GAYA SLANGIT SEBAGAI MATERI PELATIHAN DI SANGGAR SENI SEKAR PANDAN DI KOTA CIREBON PROVINSI JAWA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BABV.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (90kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (415kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (367kB) |
|
Text
LEMBAR PERBAIKAN.pdf Download (409kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter Tari Topeng Klana Cirebon gaya Slangit sebagai materi pelatihan di Sanggar Seni Sekar Pandan di Kota Cirebon dan mendeskripsikan kegiatan proses pelatihan Tari Topeng Klana Cirebon gaya Slangit di Sanggar Seni Sekar Pandan di Kota Cirebon. Penelitian dilaksanakan karena tari Topeng Klana Cirebon gaya Slangit sering dipertunjukkan dan animo masyarakat terlihat sangat tinggi dengan pementasannya, sehingga ingin diketahui proses pelatihannya. Penelitian ini difokuskan pada karakter tari dan proses pelatihan yang menghasilkan pementasan tari yang menarik. Penelitian ini menggunakan prosedur kualitatif jenis deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Teknik analisisnya menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian diperoleh data bahwa karakter tari topeng Klana gaya Slangit termasuk karakter paling gagah dalam urutan sajian tari Topeng lima wanda. Tari Topeng Klana gaya Slangit menggambarkan perkembangan jiwa dan akhlak manusia, yaitu serakah, angkara murka, dan pemarah. Maka, gerak-gerak yang ditampilkan dinamis dan energik. Setiap perpindahan gerak di tanjak dua setelah memakai topeng selalu ada gerak nindak dan gerak capang, lalu dilanjutkan pada gerakan selanjutnya. Penelitian ini dilakukan di Sanggar Seni Sekar Pandan. Sanggar Seni Sekar Pandan masih di bawah bimbingan Inu Kertapati sebagai Maestro tari Topeng Cirebon gaya Slangit. Proses pelatihan dilakukan dengan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup dan tidak punya program pelatihan secara tertulis. Metode pelatihan di Sanggar Seni Sekar Pandan menggunakan metode demonstari, tanya jawab dan penugasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd ; 2). Dra. Kartika Mutiarasari, M.Pd. |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 08:08 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 08:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21866 |
Actions (login required)
View Item |