Dita Kuswana, . (2019) PEMBELAJARAN TARI UNTUK ANAK TUNAGRAHITA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI DI SLB BC AR-RAHMAN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (29kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (89kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (176kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Text
LEMBAR BUKTI PERBAIKAN.pdf Download (301kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (314kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (334kB) |
Abstract
Skripsi ini mendeskripsikan proses pembelajaran ekstrakurikuler tari di SLB BC Ar-Rahman Jakarta dengan peserta didik anak tunagrahita. Proses pembelajaran yang dimaksud adalah menjelaskan kegiatan pembelajaran yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data, mencakup: pengamatan, wawancara, studi pustaka dan studi dokumen untuk memperoleh informasi dan data terkait dengan penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Hubermen yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi data. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) guru tidak membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP); (2) metode yang digunakan adalah motode demonstrasi dan metode penampilan. Alat bantu yang digunakan adalah speaker, tape musik, audio musik. Materi pembelajaran merupakan tari kreasi yang motif geraknya dipermudah; (3) pemberian reward dan punishment dilakukan agar peserta didik disiplin. Sikap tegas harus dimiliki guru dalam melakukan reward dan punishment. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan berbentuk tes perbuatan dan tes tertulis. Evaluasi akhir semester berisikan tes perbuatan dan tes tertulis sedangkan evaluasi harian hanya tes perbuatan; (4) proses pembelajaran dan kegiatan-kegiatan yang diikuti pada kegiatan ekstrakurikuler mengembangkan karakter peserta didik yaitu bertambahnya rasa percaya diri, disiplin, dan responsif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd ; 2). Dra. Kartika Mutiarasari, M.Pd |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 02:11 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 02:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21889 |
Actions (login required)
View Item |