Dyah Intan Ardhini, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN PENGETAHUAN TARI TERHADAP KARAKTER SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 113 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (120kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB II ).pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (162kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (160kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (322kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (251kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan model pembelajaran problem based learning (pembelajaran berbasis masalah) dan model pembelajaran project based learning (pembelajaran berbasis proyek) terhadap karakter pada siswa kelas X Mipa di SMA Negeri 113 Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen yang memiliki 2 variabel bebas ( dan ) dan satu variabel terikat ( ). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jumlah sampel 40 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes yaitu tes pengamatan karakter, sedangkan untuk mendapatkan hasil pengetahuan tari menggunakan soal tes berupa pilihan ganda dan essay. Hasil uji normalitas pada setiap kelompok dinyatakan berdistribusi normal, sedangkan pada uji homogenitas keempat kelompok mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil penelitian menggunakan uji Tukey ( ) menunjukan bahwa, 1) model pembelajaran problem based learning (pembelajaran berbasis masalah) dan model pembelajaran project based learning (pembelajaran berbasis proyek) memiliki perbedaan yang signifikan dengan nilai > (4,63 > 3,98), 2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan pengetahuan tari terhadap karakter, dibuktikan > (69,26 > 4,11), 3) Hasil karakter pada siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran problem based learning (pembelajaran berbasis masalah) yang memiliki pengetahuan tari tinggi lebih baik > (8,53 > 4,11), sedangkan 4) hasil karakter siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran project based learning (pembelajaran berbasis proyek) yang memiliki pengetahuan tari rendah > (8,53 > 4,11). Kesimpulan dari hasil penilaian menunjukan, untuk siswa yang memiliki pengetahuan tari tinggi sebaiknya diberikan model pembelajaran problem based learning (pembelajaran berbasis masalah), sedangkan siswa yang memiliki pengetahuan tari rendah sebaiknya diberikan model pembelajaran project based learning (pembelajaran berbasis proyek) untuk meningkatkan hasil karakter.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd ; 2). Dra. Kartika Mutiarasari, M.Pd. |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 03:53 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 03:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21895 |
Actions (login required)
View Item |