MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG MELALUI PEMBELAJARAN MOTIF GERAK DASAR TARI ACEH DI SEKOLAH LUAR BIASA B/C KARYA GUNA CIPINANG JAKARTA TIMUR

Hikmahtunnisa Riawan, . (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG MELALUI PEMBELAJARAN MOTIF GERAK DASAR TARI ACEH DI SEKOLAH LUAR BIASA B/C KARYA GUNA CIPINANG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
A. JUDUL.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
C. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
i. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
iii. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text
iv. LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
v. ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
vii. KATA PENGANTAR.pdf

Download (192kB)
[img] Text
viii. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)

Abstract

Menulis merupakan aktivitas kompleks yang melibatkan bagian dari anggota tubuh diantaranya gerakan lengan, tangan, jari dan mata secara teritengrasi dan memiliki fungsi untuk mencatat, memberikan informasi dan ilmu pengetahuan. Berbeda dengan siswa normal pada umumnya, siswa tungarahita memiliki kemampuan menulis yang kurang, sulit untuk memulai menulis, sulit untuk menyalin kata dan kalimat dan sulit untuk fokus. Tujuan penelitian yaitu untuk melihat peningkatan yang dihasilkan setelah diberikan penerapan kegiatan pembelajaran motif gerak dasar tari terhadap siswa tunagrahita kategori sedang yang dilakukan di Sekolah Luar Biasa B/C Karya Guna, Jl. Cipinang Jaya BB, Jakarta Timur dengan subyek penelitian 5 orang siswa tunagrahita kategori sedang jenjang SMPLB dan SMALB yang kemudian diimplementasikan ke dalam kegiatan belajar mengajar. Penerapan kegiatan pembelajaran gerak tari yang dilakukan merupakan motif gerak dasar dari tari ratoh jaroe diantaranya yaitu Prok Jaroe, Keteup Jaroe, Tangan Kosong 1 dan Tangan Kosong 2, gerakan tersebut dilakukan secara berulang hingga pertemuan ke 12. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (action research) dengan desain penelitian model Kurt Lewin, dilakukan dalam 3 siklus. Hasil peningkatan kemampuan menulis siswa tunagrahita kategori sedang dapat dibuktikan pada skor rata-rata yang diperoleh seluruh siswa. Pada tahap pretest sebelum dilakukan penerapan pembelajaran gerak tari siswa memperoleh skor rata�rata 1, 32. Pada siklus 1 setelah diterapkan pembelajaran gerak tari pada siswa tunagrahita kategori sedang memperoleh skor rata-rata 1, 6. Siklus 2 memperoleh skor rata-rata 2, 45 dan pada siklus 3 memperoleh skor rata-rata sebesar 3, 1. Skor rata-rata akhir pada siklus 3 membuktikan bahwa kemampuan menulis siswa tunagrahita kategori sedang dapat meningkat setelah diberikan penerapan kegiatan pembelajaran motif gerak dasar tari yang dilakukan secara imitatif dengan melakukan pengulangan. Penerapan kegiatan pembelajaran motif gerak dasar tari ini disarankan untuk diimplementasikan di dalam kelas oleh guru khususnya terhadap siswa tunagrahita kategori sedan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tuteng Suwandi, S.Kar. M.Pd., ; 2). Dra. Rahmida Setiawati, M.M.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:14
Last Modified: 24 Dec 2021 01:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21961

Actions (login required)

View Item View Item