Jihan Ardelia, . (2019) THE REPRESENTATION OF INTERNET CELEBRITY IN SYAHRINI’S INSTAGRAM POSTS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (153kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (334kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (308kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (321kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (274kB) |
|
Text
6. Acknowledgement.pdf Download (278kB) |
|
Text
7. TABLE OF CONTENT.pdf Download (276kB) |
|
Text
8. CHAPTER I.pdf Download (322kB) |
|
Text
9. CHAPTER II.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
Text
10. CHAPTER III.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
Text
11. CHAPTER IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
12. CHAPTER V.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
Text
13. REFERENCES.pdf Download (325kB) |
Abstract
Selebriti merupakan sebuah masa yang dapat diklasifikasikan sebagai sebuah produk budaya. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengungkap representasi selebriti internet yang terdapat pada postingan akun Instagram Syahrini dengan menggunakan metode deskriptif analitik interpretatif dengan menggunakan teori semiotika sosial oleh Gunther Kress dan Theo van Leuween untuk menganalisa teks visual (foto) dan teori linguistik fungsional sistemik oleh M.A.K Halliday untuk menganalisa teks tertulis (caption) untuk mengidentifikasi dan menginterpretasikan praktik atau kegiatan yang menandakan representasi dari selebriti internet. Sumber data yang digunakan merupakan sepuluh postingan yang terdapat pada akun Instagram milik Syahrini (@princessyahrini) dari tahun 2016 sampai 2018 yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Hasil penelitian ini memperlihatkan representasi Syahrini sebagai selebriti internet yang ditunjukan melalui praktik atau kegiatan glamorisasi seperti penggunaan properti dan barang mewah, fasilitas ekslusif, serta liburan mewah. Syahrini juga menunjukan citra sebagai seorang selebriti yang modis dimana disetiap penampilannya ia selalu tampil menggunakan berbagai merek ternama. Penggunaan spesifik komposisi pada gambar seperti low angle dan medium shot memiliki intensi untuk menciptakan jarak dan hubungan yang tidak setara dengan penonton. Pada analisis teks, Syahrini selalu menggunakan spesifik tanda pagar, yaitu #Princessyahrini sebagai strateginya untuk mendapatkan pengakuan khusus dari penonton. Kemudian, praktik glamorisasi yang ditunjukan melalui tanda, objek, tempat, dan teks pada postingan Instagram Syahrini merupakan strategi untuk untuk mendapat perhatian pengguna Instagram serta meningkatkan popularitasnya sebagai seorang internet selebriti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rahayu Purbasari M.Hum ; 2). Eka Nurcahyani M.Hum |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik |
Divisions: | FBS > S1 Sastra Inggris |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 04:58 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 04:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21996 |
Actions (login required)
View Item |