Khifni Nurani, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA LUDO UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI SMA ISLAM AL-AZHAR KELAPA GADING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (660kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (482kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (974kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (531kB) |
|
Text
5. LEMBAR PUBLIKASI.pdf Download (627kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (327kB) |
|
Text
8. Bab 1.pdf Download (712kB) |
|
Text
9. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
|
Text
10. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (949kB) |
|
Text
11. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
|
Text
12. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (734kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan Ludo sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas XI di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading; mengetahui kelayakan media pembelajaran Ludo berdasarkan penelitian dari ahli materi dan ahli media; dan mengetahui penilaian siswa di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading terhadap media pembelajaran Ludo. Hasil penelitian melalui lima tahap dalam pembuatan media pembelajaran Ludo: 1) Analisis (Analysis), Analisis kebutuhan terhadap siswa dalam belajar. Jadi analisis ini sangat penting terhadap produk yang akan dikembangkan, 2) Desain (Design), membuat desain dari produk yang akan dikembangkan. Desain papan permainan dan kartu soal memuat gambar dan kosakata bahasa Arab, 3) Pengembangan (Development), Proses penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi (Ustadz Ario Sina, S.Hum) dan ahli media (Ustadz Raden Ahmad Barnabas, M.Pd), 4) Implementasi (Implementation), Pengujian kelayakan media pembelajaran Ludo di SMAI Al-Azhar Kelapa Gading dengan 15 siswa uji coba lapangan. Uji coba dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari produk yang dikembangkan, 5)Evaluasi (Evaluate), Mengevaluasi produk berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan siswa SMAI Al-Azhar Kelapa Gading. Tingkat kelayakan media pembelajaran ludo berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rerata presentase skor 96% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rerata presentase skor 94% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. 3) Penilaian kelayakan media oleh siswa uji coba lapangan diperoleh rerata presentase skor 89% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka media ludo layak digunakan sebagai media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Chakam Failasuf M.Pd ; 2). Ahmad Marzuq M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 06:54 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 06:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22003 |
Actions (login required)
View Item |