NOER MAULIDDYA, . (2019) KEMAMPUAN BERTANYA SISWA KELAS XI IPA SMA PELITA TIGA JAKARTA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 _ COVER.pdf Download (50kB) |
|
Text
02 _ LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (7MB) |
|
Text
03 _ LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (6MB) |
|
Text
04 _ LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (11MB) |
|
Text
05 _ ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text
07 _ KATA PENGANTAR.pdf Download (10kB) |
|
Text
08 _ DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) |
|
Text
12 _ BAB I.pdf Download (282kB) |
|
Text
13 _ BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
|
Text
14 _ BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text
15 _ BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
|
Text
16 _ BAB V.pdf Download (500kB) |
|
Text
17 _ DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bertanya siswa kelas XI IPA dalam pembelajaran bahasa Prancis di SMA Pelita Tiga Jakarta serta mengetahui jenis-jenis pertanyaan siswa. Dalam penelitian ini, pengamatan dilakukan 6 kali, 2 kali observasi untuk mengamati situasi dan kondisi kelas, 4 kal untuk mendapatkan video proses pembelajaran dari bulan Agustus sampai bulan Desember 2018. Data dalam penelitian ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan siswa kelas XI IPA dalam pembelajaran bahasa Prancis. Untuk mendapatkan data dilakukan observasi kelas. Teknik yang dipergunakan yaitu observasi dan dokumentasi melalui video. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Kriteria analisis dalam penelitian ini mengacu pada jenis pertanyaan yang dikemukakan oleh Harlen, yaitu jenis pertanyaan terbuka dan tertutup. Dan tingkatan kognitif yang mengacu pada Taksonomi Bloom yang mengklasifikasikan kemampuan kognitif siswa ke dalam enam tingkatan yaitu Remember atau Mengingat (C1), Understand atau Memahami (C2), Apply atau Mengaplikasikan (C3), Analyse atau Menganilsa (C4), Evaluate atau Mengevaluasi (C5), dan Create atau Membuat (C6). Dari klasifikasi tersebut dapat diidentifikasi kemampuan bertanya siswa termasuk LOTS (Lower Order Thinking Skills) atau HOTS (Higher Order Thinking Skills). Untuk mempertanggungjawabkan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi teknik untuk menjaga validitas internal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertanyaan yang diajukan siswa termasuk dalam jenis pertanyaan tertutup. Ditemukan sebanyak 60% pertanyaan siswa termasuk pertanyaan tertutup sedangkan hanya 40% pertanyaan siswa yang terindikasi pertanyaan terbuka. Kemudian kemampuan bertanya siswa kelas XI IPA dalam pembelajaran bahasa Prancis terindikasi termasuk kemampuan tingkat rendah atau LOTS (Lower Order Thinking Skills). Ditemukan sebanyak 41,6% pertanyaan siswa terindikasi berada ditingkat C1 atau tingkat mengingat dan dengan jumlah yang sama yaitu 41,6% pertanyaan siswa terindikasi berada ditingkat memahami atau tingkat C2
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 02:40 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 05:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22131 |
Actions (login required)
View Item |