PENGARUH DIAGRAM INTONASI TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA NYARING MAHASISWA (QIRAAH JAHRIYAH) PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS BAHASA dan SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Siti Ulfah Fauziah, . (2019) PENGARUH DIAGRAM INTONASI TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA NYARING MAHASISWA (QIRAAH JAHRIYAH) PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS BAHASA dan SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (967kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (656kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (739kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (918kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (799kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (856kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UNJ pada semester 1 tahun Ajaran 2018-2019, yang dimulai pada bulan September – November 2018 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh mengenai media “diagram Intonasi “ dalam meningkatkan hasil belajar membaca nyaring mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan samplenya adalah mahasiswa Pendidikan bahasa Arab 2018 kelas a,b,c dan d sejumlah 108 mahasiswa terdiri dari 56 mahasiswa kelas eksperimen dan 52 mahasiswa kelas kontrol . teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara “porposive sampling “ yaitu teknik pengambilan sample secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrument yang digunakan adalah observasi (pengamatan) teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif, validitas dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signitifikansi = 0,05. Setelah dilakukan maka peneliti telah menemukan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar membaca nyaring mahasiswa pendidikan bahasa Arab dengan menggunakan media diagram intonasi. Kesimpulan ini berdasarkan hasil data sebagai berikut : Hasil uji-t diperoleh setelah uji validitas dan uji homogenitas . uji homogenitas dengan hasil pengelompokkan X-Y mempunyai varian yang homogenitas x2 hitung (53,17) < X2 tabel (131,03) , uji normalitas yang memiliki data berdistribusi Normal dengan hasil L hitung (0,100) < L Tabel (0,118). Setelah dilakukan tes maka nilai T-Hitung yang diperoleh dari 0,05 adalah (3,3) sedangkan nilai T tabel (1,685) untuk derajak kebebasan (dk=106) karena T-Hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga T-tabel maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Berdasarkan data diatas menunjukkan bahwa pengaruh diagram intonasi dalam pembelajaran membaca nyaring terdapat pengaruh positif terhadap mahasiswa PBA dan termasuk media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hendrawanto M.A. M.Pd ; 2). Dr. Mohammad Sarip M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 09:17
Last Modified: 24 Jan 2022 09:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22221

Actions (login required)

View Item View Item