Tsani Wulandari, . (2019) Pengaruh Penggunaan WhatsApp Grup Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas 12 Di SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading (Kajian Eksperimen). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (627kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (387kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (128kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (306kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (206kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN, BEBAS PLAGIAT, PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Download (831kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan guna mengetahui pengaruh “Penggunaan WhatsApp Grup Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas 12 Di SMA Islam Al Azhar Kelapa Gading”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas XII, dan sampelnya sejumlah 50 siswa, terdiri dari 26 siswa kelas kontrol dan 24 siswa kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara “Purposive Sampling”, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0,05. Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang Homogen karena X2 hitung 3,97 < X2 tabel 65,17. Uji Normalitas dari data X yang berdistribusi normal dengan hasil L hitung 0,068 < L tabel 0,150 dan Uji Normalitas dari data Y yang berdistibusi normal dengan hasil L hitung 0,126 < L tabel 0,181. Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari 0.05 adalah 9,981 sedangkan nilai t-tabel adalah 3,505 untuk derajat kebebasan (dk�48). Karena t-hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga t-tabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengaruh yang signifikan dalam penguasaan pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media WhatsApp Grup karena dengan “Media WhatsApp Grup” memberikan siswa kemudahan untuk bisa belajar bahasa arab dimanapun dan kapanpun tidak hanya belajar dikelas serta memudahkan siswa untuk mengakses pelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Chakam Failasuf M.Pd ; 2). Raden Ahmad Barnabas M.Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 07:52 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 07:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/22291 |
Actions (login required)
View Item |